Bondan Prakoso Kecantol Jalur Musik Indie

Kompas.com - 23/09/2015, 19:15 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Punya pengalaman pahit dengan label rekaman membuat artis musik Bondan Prakoso (31) memilih hijrah ke industri musik indie atau independen.

"Sejak solo aku masuk jalur indie. Pengalaman kerja dengan label banyak hal yang miss (terlewat), kabur dan tertutup. Pengalaman pahitnya, enggak etis diomongin. Pokoknya yang berkaitan dengan hak cipta," kata mantan pemain bas Bondan feat 2 Black ini saat menghadiri Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2015 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (22/9/2015) malam.

Bondan mengatakan, sejak beralih ke industri indie, dirinya merasa lebih bebas berkarya. Ia menulis dan memproduseri lagu-lagunya sendiri, hingga menjualnya sendiri dengan konsep sesuai keinginannya.

"Kayaknya udah enggak ada alasan lagi untuk tidak ber-indie. Jadi membuat kami jalan sendiri. Jadi diri sendiri. Saya keluarin single-single lewat YouTube," tuturnya.

"Karena industri musik sekarang enggak maju. Musisinya maju tapi industri musiknya sekarat," tambah Bondan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.