"James Bond" Punya Lagu

Kompas.com - 08/11/2015, 15:15 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sam Smith (23), penyanyi dan penulis lagu asal Inggris itu terpilih sebagai penulis lagu, sekaligus pembawa lagu tema film James Bond, Spectre, yang tengah diputar di Jakarta. Lagu berjudul "Writing's on the Wall" dalam film tersebut menjadi bagian dari deretan lagu-lagu tema film James Bond yang selama ini menyertai popularitas filmnya.

Lagu tema atau theme song telah menjadi salah satu "sesaji" yang wajib ada dalam film-film James Bond. Sekadar catatan, unsur lain yang telah menjadi pakem dalam film Bond adalah bond's girl alias cewek yang menyertai kiprah agen bersandi 007 itu. Kemudian dua "mantra" sakti yang harus diucapkan Bond, yaitu pengenalan nama "The name is Bond, James Bond," serta "Shaken not stirred," yang disebut Bond sebelum minum Martini.

Sebagian lagu Bond menjadi lagu awet seperti "From Russia with Love" yang dibawakan Mat Monroe. Lagu biasanya dibawakan oleh penyanyi yang sedang top pada zamannya. Tiga tahun lalu, Adele yang sedang ngetop dengan "Someone Like You" ketiban sampur untuk membawakan lagu tema film Skyfall (2012).

"Tradisi" ini sudah muncul sejak "You Only Live Twice" (1967) yang dibawakan Nancy Sinatra. Putri dari Frank Sinatra itu pada paruh kedua 1960-an sedang terkenal dengan lagu seperti "Something Stupid" dan "These Boots Are Made for Walkin".

Kemudian pada 1973, Paul McCartney dipilih untuk membuat dan membawakan lagu "Live and Let Die". Ketika itu, pasca Beatles, McCartney sedang kondang dengan Wings-nya yang dibentuk bersama sang istri, Linda. Dalam sejarah James Bond, ini merupakan lagu pertama yang lahir tanpa campur tangan John Barry, "pawangnya" lagu-lagu James Bond. Pada lagu ini malah muncul George Martin, produser yang berada di belakang lagu-lagu Beatles.

Ikut tren
Lagu James Bond juga ikut tren. Era 1980-an, ketika musik new-wave sedang mewabah, lagu Bond pun ikut bergaya. Terpilihlah kelompok Duran Duran untuk nyanyi dalam "A View to Kill" (1985). Bond juga ikut tren electro-pop dalam film The Living Daylights (1987). Ditunjuk band beraliran electro-pop, yaitu A-ha sebagai pembawa lagu tema.

Intinya, penyanyi dan penulis lagu yang sedang tenar pada masa film Bond beredar akan dibidik sebagai pembawa lagu Bond. Sherryl Crow yang kondang dengan "All I Wanna Do is Have Some Fun" mendapat giliran tampil dalam lagu tema film Tomorrow Never Dies (1997). Kemudian pentolan U2, Bono, dan The Edge diminta menulis lagu untuk film GoldenEye yang dibawakan penyanyi kawakan Tina Turner.

Ada pula Shirley Basey dengan gaya jazzy-nya dalam "Diamonds Are Forever". Lantas Tom Jones ("Thunderball"), Lulu ("The Man with the Golden Gun"). Sheena Easton ("For Your Eyes Only"), sampai Madonna ("Die Another Day"), dan Alicia Keys/Jack White, ("Quantum of Solace").

Di atas semua lagu tersebut, ada komposisi wajib yang menjadi pembuka film James Bond atau "James Bond Theme" karya Monty Norman yang aransemennya digarap John Barry. "James Bond Theme" terdengar kala di layar muncul apa yang disebut sebagai the gun barrel sequence. Kala itu tampak siluet James Bond melangkah dalam lingkaran bidik, kemudian ia berbalik, dan dorrr...! (XAR)

Lagu tema film James Bond
- "Thunderball"-Tom Jones, 1965
- "You Only Live Twice"-Nancy Sinatra, 1967
- "On Her Majesty's Secret Service"-The John Barry Orchestra
- "Diamonds Are Forever"-Shirley Bassey, 1971
- "Live and Let Die"-Paul McCartney & Wings, 1973
- "The Man with the Golden Gun"-Lulu, 1974
- "The Spy Who Loved Me"-Carly Simon, 1977
- "Moonraker"-Shirley Bassey, 1979
- "For your Eyes Only"-Sheena Easton, 1981
- "Octopussy"-Rita Coolidge, 1983
- "A View to a Kill"-Duran Duran, 1985
- "The Living Daylights"-A-ha, 1987
- "Licensed to Kill-Gladys Knight", 1989
- "GoldenEye"-Tina Turner, 1995
- "Tomorrow Never Dies"-Sheryl Crow, 1997
- "The World Is Not Enough"-Garbage, 1999
- "Die Another Day"-Madonna, 2002
- "Casino Royale"-Chris Cornell, 2006
- "Quantum of Solace"-Alicia Keys dan Jack White, 2008
- "Skyfall-Adele", 2012
- "Spectre"-Sam Smith, 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.