Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luna Maya Dorong Gerakan Minat Membaca

Kompas.com - 15/11/2015, 16:10 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan model Luna Maya (32) mencoba memberi kiat untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak Indonesia. Kata dia, minat tersebut dibentuk dari bacaan yang ringan

"Baca yang ringan-ringan dulu," ucap Luna dalam jumpa pers Shout Out mendukung Hari Gerakan Membaca Nasional di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2015).

Berdasarkan data UNESCO, persentase minat baca anak Indonesia hanya sebesar 0,01 persen atau dari 10.000 orang hanya satu yang memiliki minat baca.

Karena data dan fakta tersebut, Luna akhirnya ikut mendorong gerakan membaca yang ditujukan kepada anak-anak di pelosok Nusantara.

Kata perempuan kelahiran Bali ini, bacaan bisa dimulai dengan majalah yang di dalamnya disertai banyak gambar menarik.

"Misalnya dari majalah. Kita suka fashion, kita baca, kita ketahui. Knowledge kita terhadap dunia fashion bertambah, berkembang," ucap Luna. 

Menurut dia, gemar membaca dapat memberi banyak manfaat dan menambah pengetahuan.

"Ke mana-mana kita enggak kosong. Kita akan nyambung dengan orang, kita akan selalu bisa adaptasi dengan baik, kita juga bisa diterima oleh banyak orang, komunitas maupun kalangan. Maupun kita sudah jadi kakek-kakek, nenek-nenek itu akan selalu ada pengetahuan itu," tutur Luna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com