Luna Maya Dorong Gerakan Minat Membaca

Kompas.com - 15/11/2015, 16:10 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan model Luna Maya (32) mencoba memberi kiat untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak Indonesia. Kata dia, minat tersebut dibentuk dari bacaan yang ringan

"Baca yang ringan-ringan dulu," ucap Luna dalam jumpa pers Shout Out mendukung Hari Gerakan Membaca Nasional di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2015).

Berdasarkan data UNESCO, persentase minat baca anak Indonesia hanya sebesar 0,01 persen atau dari 10.000 orang hanya satu yang memiliki minat baca.

Karena data dan fakta tersebut, Luna akhirnya ikut mendorong gerakan membaca yang ditujukan kepada anak-anak di pelosok Nusantara.

Kata perempuan kelahiran Bali ini, bacaan bisa dimulai dengan majalah yang di dalamnya disertai banyak gambar menarik.

"Misalnya dari majalah. Kita suka fashion, kita baca, kita ketahui. Knowledge kita terhadap dunia fashion bertambah, berkembang," ucap Luna. 

Menurut dia, gemar membaca dapat memberi banyak manfaat dan menambah pengetahuan.

"Ke mana-mana kita enggak kosong. Kita akan nyambung dengan orang, kita akan selalu bisa adaptasi dengan baik, kita juga bisa diterima oleh banyak orang, komunitas maupun kalangan. Maupun kita sudah jadi kakek-kakek, nenek-nenek itu akan selalu ada pengetahuan itu," tutur Luna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.