Kata Ruben Onsu, Kalangan Artis Sasaran Empuk Isu AIDS

Kompas.com - 01/12/2015, 17:19 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembawa acara dan artis peran Ruben Onsu (32) mengatakan bahwa kalangan artis cukup rentan dikaitkan dengan perbincangan isu HIV/AIDS.

"Artis itu sasaran empuk dari penyalahgunaan obat-obatan dan seks bebas, atau AIDS. Padahal, kalau dilihat, enggak semua artis seperti itu. Tapi ya itu, artis sudah menjadi sasaran empuk pembicaraan oleh masyarakat," kata Ruben dalam wawancara di Studio Gaharu, Cipete Raya, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015).

Kata Ruben, para artis Tanah Air mulai sadar akan bahaya HIV/AIDS. Mereka sedini mungkin memeriksakan kesehatan ke rumah sakit.

"Pasti (check up) setiap setahun sekali, apalagi kalau buat asuransi dan mengecek darah tinggi juga. Jangan malu cek dan jangan takut sama dokter," ujar Ruben.

"Karena yang kayak gitu tuh enggak hanya karena dari seks, tapi bisa dari jarum. Kita bisa kena suntik di mana gitu, mungkin dokter pakai jarum suntik bekas, bisa kena HIV," lanjutnya.

Karena itu, dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember, Ruben mengimbau masyarakat untuk tidak menjaga jarak dari penderita HIV/AIDS.

"Buat saya, penderita AIDS itu harus kita hormati, jangan pernah jauhkan ODHA. Memang virus seperti itu kita mesti kasih tahu dan kasih penyuluhan apa bahayanya," kata Ruben.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.