Andien: Orang Masih Menganggap HIV/AIDS Tabu Dibicarakan

Kompas.com - 01/12/2015, 17:47 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Andien mengungkapkan, Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember, segarusnya menjadi imbauan kepada masyarakat agar lebih peduli kepada pengidap HIV/AIDS.

"Hari AIDS Sedunia ini harusnya menjadi sebuah simbol peringatan kita semua, bahwa kita harus tetap dan lebih peduli dengan orang-orang yang terjangkit AIDS," kata Andien dalam wawancara di The Hall, Senayan City, Selasa (1/12/2015).

Menurut perempuan bernama lengkap Andini Aisyah Haryadi ini, masyarakat masih minim mendapatkan informasi yang tepat mengenai HIV/AIDS.

"Aku sendiri udah mulai campaign untuk menyebarkan informasi dan kesadaran mengenai HIV/AIDS sejak sepuluh tahun lalu. Sampai detik ini orang masih menganggap hal itu tabu untuk dibicarakan sehingga orang kebanyakan enggak tahu soal HIV/AIDS, menularnya melalui apa, dan sebagainya," ujar Andien.

"Ketidaktahuan itu yang bisa membawa dampak bertambahnya korban. Makanya, kita harus peduli," sambungnya.

Andien menilai, salah satu solusi untuk mencegah penyebaran virus HIV/AIDS adalah dengan edukasi.

"Perlu banget memberi pendidikan. Sangat penting untuk memberi edukasi sejak dini, misalnya edukasi mengenai seks. Dengan cara penyampaian dan komunikasi yang tepat, anak-anak muda bisa menerima informasi dengan benar dan ke depannya mereka bisa paham," tutur Andien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.