Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andien: Orang Masih Menganggap HIV/AIDS Tabu Dibicarakan

Kompas.com - 01/12/2015, 17:47 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Andien mengungkapkan, Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember, segarusnya menjadi imbauan kepada masyarakat agar lebih peduli kepada pengidap HIV/AIDS.

"Hari AIDS Sedunia ini harusnya menjadi sebuah simbol peringatan kita semua, bahwa kita harus tetap dan lebih peduli dengan orang-orang yang terjangkit AIDS," kata Andien dalam wawancara di The Hall, Senayan City, Selasa (1/12/2015).

Menurut perempuan bernama lengkap Andini Aisyah Haryadi ini, masyarakat masih minim mendapatkan informasi yang tepat mengenai HIV/AIDS.

"Aku sendiri udah mulai campaign untuk menyebarkan informasi dan kesadaran mengenai HIV/AIDS sejak sepuluh tahun lalu. Sampai detik ini orang masih menganggap hal itu tabu untuk dibicarakan sehingga orang kebanyakan enggak tahu soal HIV/AIDS, menularnya melalui apa, dan sebagainya," ujar Andien.

"Ketidaktahuan itu yang bisa membawa dampak bertambahnya korban. Makanya, kita harus peduli," sambungnya.

Andien menilai, salah satu solusi untuk mencegah penyebaran virus HIV/AIDS adalah dengan edukasi.

"Perlu banget memberi pendidikan. Sangat penting untuk memberi edukasi sejak dini, misalnya edukasi mengenai seks. Dengan cara penyampaian dan komunikasi yang tepat, anak-anak muda bisa menerima informasi dengan benar dan ke depannya mereka bisa paham," tutur Andien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com