Menanti Hasil Tes HIV, Bimbim "Slank" Cemas

Kompas.com - 08/12/2015, 17:41 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Penabuh drum Slank, Bimo Setiawan Almachzumi (48) atau Bimbim, mengaku merasa ngilu ketika akan membuka lembaran tertulis hasil tes HIV yang telah dijalaninya.

"Gue udah dua kali tes HIV. Ngilu pas buka hasilnya," kata Bimbim dalam jumpa pers sesudah mengadakan kegiatan tes HIV bersama sejumlah penggemar Slank alias Slanker, di Markas Slank, Jalan Potlot III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (8/12/2015).

Ngilu yang dimaksud oleh Bimbim adalah cemas. Meskipun hasil tes itu menunjukkan ia bebas dari HIV, sebagai mantan pencandu narkoba, ia takut terkena virus tersebut. 

Seperti diketahui, HIV bisa menular lewat jarum suntik narkoba yang digunakan bersama.

"Itu sesuatu yang bikin gue keringet dingin," katanya lagi.

Sementara itu, vokalis Slank, Akhadi Wira Satriaji (41) atau Kaka, dan pemain bas grup itu, Ivan Kurniawan Arifin (44) atau Ivanka, baru kali pertama menjalani tes HIV.

Sebagaimana Bimbim, Kaka dan Ivanka juga merasa cemas ketika menanti hasil tes itu karena mereka juga mantan pencandu narkoba.

Meskipun demikian, menurut Kaka, ia menjalani tes tersebut untuk membuang gambaran umum bahwa HIV merupakan hal yang menakutkan.

"Justru ini kepedulian kami. Kami ingin bisa menolong banyak orang dan membongkar stigma bahwa orang yang kena HIV harus dijauhkan. Itu harus diubah. Yang pertama kali diubah ya melalui komunitas," kata Kaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.