Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Hasil Tes HIV, Bimbim "Slank" Cemas

Kompas.com - 08/12/2015, 17:41 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penabuh drum Slank, Bimo Setiawan Almachzumi (48) atau Bimbim, mengaku merasa ngilu ketika akan membuka lembaran tertulis hasil tes HIV yang telah dijalaninya.

"Gue udah dua kali tes HIV. Ngilu pas buka hasilnya," kata Bimbim dalam jumpa pers sesudah mengadakan kegiatan tes HIV bersama sejumlah penggemar Slank alias Slanker, di Markas Slank, Jalan Potlot III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (8/12/2015).

Ngilu yang dimaksud oleh Bimbim adalah cemas. Meskipun hasil tes itu menunjukkan ia bebas dari HIV, sebagai mantan pencandu narkoba, ia takut terkena virus tersebut. 

Seperti diketahui, HIV bisa menular lewat jarum suntik narkoba yang digunakan bersama.

"Itu sesuatu yang bikin gue keringet dingin," katanya lagi.

Sementara itu, vokalis Slank, Akhadi Wira Satriaji (41) atau Kaka, dan pemain bas grup itu, Ivan Kurniawan Arifin (44) atau Ivanka, baru kali pertama menjalani tes HIV.

Sebagaimana Bimbim, Kaka dan Ivanka juga merasa cemas ketika menanti hasil tes itu karena mereka juga mantan pencandu narkoba.

Meskipun demikian, menurut Kaka, ia menjalani tes tersebut untuk membuang gambaran umum bahwa HIV merupakan hal yang menakutkan.

"Justru ini kepedulian kami. Kami ingin bisa menolong banyak orang dan membongkar stigma bahwa orang yang kena HIV harus dijauhkan. Itu harus diubah. Yang pertama kali diubah ya melalui komunitas," kata Kaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com