Kunto Aji: Kalau Ojek "Online" Sampai Dilarang, Itu Kesalahan Besar

Kompas.com - 20/12/2015, 13:20 WIB
Kunto Aji diabadikan dalam acara peluncuran album perdananya, yang berjudul Generation Y, di Bara Futsal, Palatehan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015). KOMPAS.com/YULIANUS FEBRIARKOKunto Aji diabadikan dalam acara peluncuran album perdananya, yang berjudul Generation Y, di Bara Futsal, Palatehan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Menurut penyanyi dan pencipta lagu Kunto Aji (28), pemerintah melakukan kesalahan besar jika sampai melarang ojek online.

"Menurut saya enggak masuk akal sih keputusan awal bahwa ojek online dilarang. Yang jelas, salah besar kalau hal yang sudah sangat jelas mempermudah masyarakat untuk transportasi itu dilarang," kata Aji ketika berbincang dengan Kompas.com melalui Whatsapp, Sabtu (19/12/2015).

Pedendang "Terlalu Lama Sendiri" ini beralasan, ojek online merupakan alternatif yang baik ketika kondisi transportasi umum di, terutama Jakarta, kurang memadai.

"Contohnya, ojek online itu di Jakarta selai jadi alternatif transportasi yang baik, juga bisa dijadikan untuk mengantar barang, beli makanan, dan sebagainya," ucapnya.

"Sementara, angkutan umum yang sudah dilegalkan pun secara kualitas juga banyak yang belum memenuhi kebutuhan masyarakat," ucapnya lagi.

Apalagi, Aji juga menggunakan fasilitas salah satu ojek online untuk mendukung kegiatan promosi dan penjualan album solonya.

Ia pernah menjadi pengemudi ojek online yang mengantar albumnya kepada penggemarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu jadi salah satu cara efektif bagi saya untuk datang langsung dan bertatap muka dengan penggemar saya," ucapnya.

Ia mengusulkan agar pemerintah mengatur regulasi yang adil bagi transportasi umum, termasuk ojek online.

"Seperti yang diomongkan Pak Jokowi kemarin, ya dibangun secara paralel, regulasinya dibenerin sambil memperbaiki transportasi umum lainnya," ujarnya.

"Tapi, bukan dengan cara dilarang," imbuhnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.