Kata MUI, Tulisan Arab pada Kostum Agnez Mo Bukan Pelecehan

Kompas.com - 13/01/2016, 14:20 WIB
Agnes Monica alias Agnez Mo TRIBUN JAKARTA/JEPRIMAAgnes Monica alias Agnez Mo
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Cholil Nafis berharap, masyarakat tak perlu mempermasalahkan tulisan Arab yang menjadi motif kostum panggung vokalis Agnez Mo (29) saat tampil di Istora Senayan, dua hari lalu. Sebab, tak ada unsur pelecehan terhadap suatu agama pada tulisan tersebut.

"Kalau soal bahasa Arab enggak apa-apa. Yang penting bukan bahasa Arab Al Quran atau bahasa hadis. Selain itu ya enggak apa-apa," kata Cholil kepada Kompas.com dalam wawancara per telepon, Rabu (13/1/2016).

Lagi pula, dia melanjutkan, bacaan tulisan Arab pada kostum Agnez adalah kata "al muttahidah", yang berarti "persatuan". Menurut Cholil, hal itu lumrah digunakan di mana pun dengan bahasa apa pun.

"'Al muttahidah' itu artinya 'persatuan', 'perserikatan bangsa-bangsa'. Ya enggak apa-apa (dipakai). Cuma, dia (Agnez) pakai bahasa Arab," tutur Cholil.

Cholil juga meminta agar orang-orang bisa berpikir cerdas dan bisa membedakan antara bahasa Arab sebagai simbol agama dan bahasa Arab sebagai budaya untuk berkomunikasi. 

"Bahasa Arab yang suci itu ketika itu dalam ayat-ayat Al Quran. Jadi, itu (tulisan di baju Agnez) bahasa Arab biasa, bukan bahasa Arab dalam Al Quran. Ya enggak apa-apa. Enggak ada masalah-lah," ujarnya lagi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.