Membantah Kisah Gereja Setan di Balik Lagu "Hotel California"

Kompas.com - 20/01/2016, 11:13 WIB
Glenn Frey saat pentas di Stagecoach, California's Country Music Festival, di Empire Polo Field, Indio, California, 2 Mei 2008. KARL WALTER / AFP GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFPGlenn Frey saat pentas di Stagecoach, California's Country Music Festival, di Empire Polo Field, Indio, California, 2 Mei 2008.
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Gitaris The Eagles, Glenn Frey, meninggal dunia dalam usia 67 tahun pada Senin (18/1/2016). Dia adalah gitaris sekaligus salah satu penulis lirik untuk lagu The Eagles yang paling terkenal, "Hotel California".

Lagu tersebut menjadi hits pada tahun 1977 dan masuk Billboard Hot 100. Lagu ini juga masuk dalam The 500 Greatest Song of All Time versi majalah Rolling Stone, di urutan ke-49. Solo gitar lagu tersebut pun masuk peringkat ke-8 Top 100 Guitar Solo of All Time di Guitar Magazine.

Di balik kesuksesannya, banyak juga yang bilang bahwa lagu ini penuh misteri dan kontroversi. Menurut salah satu rumor yang beredar, lagu ini berkaitan dengan pendirian Church of Satan (Gereja Setan) oleh Anton LaVey. Hotel yang disebutkan itu dikatakan sebagai tempat perkumpulan orang-orang yang memuja setan.

Liriknya pun disebutkan punya makna kekuatan dan sumpah para pengikut ajaran tersebut.

Namun, para personel The Eagles membantah jika lagu itu dikatakan punya makna satanis seperti yang disebutkan.

The Eagles menyebutkan, lagu ini bercerita tentang kehidupan dan mimpi yang terwujud di California. Kebetulan, The Eagles juga berasal dari sana.

"Kami semua anak-anak kelas pekerja dari Midwest. 'Hotel California' adalah perjalanan hidup kami di Los Angeles," kata Don Henley dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

"'Hotel California' adalah sebuah lagu tentang sisi gelap 'American Dream' dan segala yang 'berlebihan' di Amerika. Sesuatu yang telah kita ketahui bersama," lanjutnya.

Interpretasi negatif tentang lagu ini pun semakin menguat setelah penggalan lirik "They stab it with their steely knives, but they just can't kill the beast," yang katanya menunjukkan seberapa kuat setan.

Kenyataannya, penggalan lirik itu adalah tribute untuk band Steely Dan. Steely Dan menyebut The Eagles dalam lagu "Everything You Did", dengan penggalan lirik "Turn up the Eagles, the neighbors are listening."

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Hai Online
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X