Mahdi Jayasri Menguras Nalar Tio Pakusadewo

Kompas.com - 25/01/2016, 19:52 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktor senior Tio Pakusadewo (52) menilai tokoh Mahdi Jayasri atau Jaya yang ia mainkan dalam film Surat dari Praha merupakan salah satu peran tersulit.

"Ini bukan karakter yang mudah untuk diselami. Salah satu yang tersulit," kata Tio dalam wawancara usai pemutaran Surat dari Praha di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2016).

Pasalnya, Tio harus melakukan observasi panjang dan memahami sejarah guna mendalami peran karakter Jaya, seorang mahasiswa ikatan dinas era 1960-an yang kehilangan kewarganegaraan karena menolak kemunculan rezim Orde Baru pada 1965.

"Tokoh yang saya perankan ini unik, enggak biasa. Mahdi Jayasri karakter khusus yang tak mudah diselami," tuturnya.

Tio juga menganggap tokoh Jaya sukses membuatnya lebih melek sejarah dan menambah pengetahuannya.

"Peristiwa yang menggoncang jiwa yang dia alami, yang menoreh luka yang amat mendalam hingga ketidakadilan yang mesti ia pasrahkan menjadi pekerjaan rumah yang sangat menguras nalar serta intelegensi keaktoran saya, menguras kemampuan akting saya," tuturnya.

"Karakter yang membuat saya semakin memahami kekuatan cinta. Karakter yang mengajarkan saya untuk menghormati sebuah pilihan. Film ini (Surat dari Praha) dikemas dengan baik dan ini film yang memperkaya wawasan saya," tambah Tio.

Surat dari Praha berkisah tentang Larasati (Julie Estelle) yang terpaksa mengantarkan sebuah kotak dan sepucuk surat milik ibunya, Sulastri (Widyawati) kepada Jaya (Tio Pakusadewo).

Film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini akan tayang perdana pada 28 Januari 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.