Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bagi Indonesia, Joey Alexander Sudah Menang"

Kompas.com - 16/02/2016, 15:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pianis jazz muda Indonesia, Joey Alexander (12), memang tidak berhasil menyabet piala Grammy Awards 2016.

Namun, bagi vokalis jazz Dira Sugandi dan masyarakat Indonesia, Grammy tahun ini adalah kemenangan bagi Joey.

"Bagi kami, bagi kita semua, Joey udah menang," ucap Dira dalam wawancara di iCanStudio, Jakarta Selatan, Selasa (16/2/2016).

Seperti diberitakan, Joey dinominasikan untuk kategori Best Improvised Jazz Solo untuk lagu "Giant Step" dan Best Jazz Instrumental Album untuk album My Favourite Things yang diproduseri oleh Jason Olaine.

Menurut Dira, masuk nominasi Grammy dan tampil di panggung utama ajang penghargaan musik dunia itu adalah hal yang sulit.

Namun, Joey, disebutnya, mampu mendapatkan dua kesempatan itu sekaligus.

"Dua nominasi itu lawannya gila-gila banget, apalagi dia perform solo. Dia udah berhasil sih, dalam arti, pada catatan sejarah, (ini yang) pertama dan mungkin akan menjadi satu-satunya. Bukannya saya pesimistis. Akan tetapi, susah loh dapat spot di Grammy kayak gitu," ucap istri drumer Elfa Zulham itu.

"Ya mungkin, kalau nominasi, masih bisalah kita. Cuma, untuk perform dan di-announce langsung sama Presiden Recording Academy dan dapat spotlight, itu susah banget," tambah Dira.

Karena itu, ia berharap, kesuksesan Joey menembus industri musik dunia bisa menggerakkan musisi Tanah Air lainnya untuk lebih mengembangkan bakatnya.

"Terharu banget. Speechless deh. Pokoknya membahagiakan, luar biasa. Mudah-mudahan ini akan menjadi awal dari harapan baru untuk Indonesia supaya bisa lebih terekspos lagi, bisa lebih memberikan kesempatan lagi kepada (pemilik) talenta lain Indonesia untuk bisa dikenal dunia," kata Dira.

Grammy Awards ke-58 digelar di Staples Center, Los Angeles, AS, pada 15 Februari 2016 pukul 08.00 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com