KPAI: Identitas DS Selaku Korban Jangan Dibeberkan

Kompas.com - 19/02/2016, 13:47 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Erlinda, meminta agar identitas DS, korban dari pencabulan yang diduga dilakukan oleh Saipul Jamil, tak dibeberkan. Terlebih lagi, menurut Erlinda, DS masih di bawah umur.

"Kami mohon jangan cari tahu tentang korban, bagaimana dia sekolah, keluarga," tutur Erlinda di Kantor Polsek Metro Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (19/2/2016).

Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh pun menyatakan hal senada.

"Kami minta bantuan rekan-rekan (media) untuk tidak over mengekspos korban. Harus dipenuhi hak-hak dasar, termasuk hak untuk tidak dipublikasi, yang kemudian menyebabkan labeling dan stigma," kata Asrorun.

Asrorum juga menyatakan, dalam penanganan kasus tersebut, KPAI bertugas mendampingi DS sebagai korban, yang masih di bawah umur.

"Tentu, yang pertama adalah pemulihan, jangan sampai trauma. Ada pendampingan, baik psikologis maupun psikiatris," ujarnya.

"Makanya, korban harus dipastikan. Yang pertama, kondisi darurat, pemulihan kondisi medis dan psikis. Ini bagian dari ikhtiar kami untuk memastikan bahwa anak tetap terjaga dan terpenuhi haknya," ujarnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.