Pengacara Saipul Jamil Anggap DS Bukan Korban

Kompas.com - 21/02/2016, 16:47 WIB
Kuasa hukum Saipul Jamil, Kasman Sangaji dan Roland memberi keterangan pers di rumah pedangdut itu, di kawasan Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (21/2/2016). KOMPAS.COM/DIAN REINIS KUMAMPUNGKuasa hukum Saipul Jamil, Kasman Sangaji dan Roland memberi keterangan pers di rumah pedangdut itu, di kawasan Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (21/2/2016).
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Saipul Jamil, Roland dan Kasman Sangaji, menawarkan jalan musyarawah kepada korban pencabulan penyanyi dangdut tersebut.

"Musyawarah kita buka tahap demi tahap, kita membuka pintu untuk itu. Tapi tentukan dulu, kami membuka pintu maaf terhadap pelapor, bukan korban," kata Kasma dalam konferensi pers di rumah Saipul Jamil di kawasan Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (21/2/2016).

Tim pengacara Saipul menganggap DS bukan korban, melainkan pelapor. Ia menekankan kasus ini menyebabkan kerugian pada Saipul Jamil, bukan pada korban.

"Karena Mas Ipul sudah rugi secara materiil, imateriil tidak bisa diukur, beban mental, psikologis juga. Tapi kami tahu pentingnya silaturahim. Untuk itu pihak kami membuka pinta maaf untuk pelapor," ujar Kasman lagi.

Bahkan Roland yang masih merupakan tim kuasa hukum Ipul membandingkan kasus ini dengan kasus kecelakaan yang sempat dialami Ipul dan sang istri, Virginia beberapa waktu lalu. Kasus ini juga sempat ditangani oleh Roland.

"Pernyataan bahwa DS itu korban itu tidak benar, beliau tidak mngalami kerugian materiil, dan tidak mengalami cacat tubuh. Seharusnya itu bisa diselesaikan secara mufakat, kalau yang cacat aja bisa diselesaikan. Kenapa yang tidak cacat tidak rugi tidak mau berdamai?" tuntas Roland.

DS melaporkan Saipul Jamil ke Polsek Kelapa Gading karena mengalami pelecehan seksual dari penyanyi dangdut itu.

Setelah diperiksa selama beberapa jam, Saipul ditetapkan sebagai tersangka kasus pencabulan terhadap remaja di bawah umur.

Menurut Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Ari Cahya Nugraha, Saipul sudah mengakui perbuatannya. Pengakuan itu diperkuat keterangan empat saksi yang diperiksa polisi.

Kompas TV Pengacara Bantah Saipul Akui Pencabulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.