Menteri Khofifah: "Jingga" Ajak Penyandang Disabilitas Lebih Bersemangat

Kompas.com - 23/02/2016, 06:00 WIB
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah mengapresiasi film Jingga karya artis peran yang juga produser Lola Amaria. Menurut dia, film ini dapat menumbuhkan semangat penyandang tunanetra.

"(Jingga) Akan menjadi hadiah bagi proses pemenuhan hak-hak dasar bagi penyandang disabilitas yang RUU-nya sedang berproses di DPR," kata Khofifah dalam siaran pers yang dikirim Lola Amaria Production, Senin (22/2/2016).

"Film ini mengajak penyandang disabilitas untuk tetap menatap masa depan dengan penuh semangat dan sukses yang ada ketika mereka mau bekerja keras," lanjutnya.

Khofifah yang turut hadir dalam pemutaran perdana film Jingga di XXI Epicentrum, Kuningan, Kamis (18/2/2016) malam, mengaku menyukai film-film yang diproduksi Lola.

"Saya rasa karya-karya Lola Amaria memberikan semangat kepada kelompok-kelompok finerable group. Kemarin misalnya, film soal TKW (tenaga kerja wanita) di Hongkong. Nah sekarang tentang penyandang disabilitas," ujar dia.

Film Jingga mengangkat kisah tentang Jingga (Hifzane Bob), anak pasangan Ireng (Ray Sahetapy) dan Fusia (Keke Soeryokusumo), yang sejak bayi memiliki penglihatan kurang (low vision).

Kekurangan Jingga itu membuat Ireng kecewa. Hingga Jingga dewasa, Ireng tak pernah bisa menerima kenyataan bahwa Jingga adalah penyandang tunanetra yang tak bisa melihat dunia sekitarnya dengan mata awas seperti dirinya.

Sikap Ireng itu kerap memicu pertengkaran dengan Fusia yang sesungguhnya jauh lebih bisa menerima kondisi Jingga.

Pertengkaran demi pertengkaran terjadi. Perlahan, tetapi pasti mengubah rumah yang seharusnya hangat menjadi neraka yang membuat para penghuninya tertekan.

Sebuah peristiwa membuat Jingga mengalami kebutaan total. Mata kirinya mendapat pukulan keras yang merusak saraf matanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.