Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorce: Demi Saipul Jamil, Saya Siap Jadi Jaminan

Kompas.com - 25/02/2016, 17:26 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Artis komedi, penyanyi, dan pembawa acara Dorce Gamalama mengaku siap menjadi jaminan untuk penangguhan penahanan pedangdut Saipul Jamil yang kini menjadi tahanan Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, karena kasus dugaan pencabulan anak.

"Saya siap jadi jaminan. Saya siap. Demi Saipul bebas," ucap Dorce sambil mengangkat tangan kirinya seusai menjenguk Saipul di Polsek Kelapa Gading, Kamis (25/2/2016).

Dorce menganggap Saipul seperti anak sendiri. Karena itu, andai bisa menjadi jaminan agar Saipul bebas, Dorce mengaku rela. Terlebih lagi, dirinya sama sekali tak percaya jika pria kelahiran Serang, Banten, itu bisa melakukan perbuatan cabul terhadap remaja berinisial DS.

"Enggaklah, saya enggak percaya. Saya kenal betul kayak apa itu Ipul," tuturnya.

"Tadi saya enggak mau banyak tanya (soal kasus). Semua orang mencaci dia, enggak apa-apa, sabar dan ikhlas aja," tambah Dorce.

Diberitakan sebelumnya, kuasa hukum pedangdut Saipul Jamil, Nazarudin Lubis, sudah mengajukan surat penangguhan penahanan bagi kliennya ke Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Alasannya, kata dia, pihaknya menganggap pemeriksaan terhadap Saipul telah selesai. Hal ini berarti bahwa berkas hukumnya sudah bisa dilimpahkan ke kejaksaan.

"Kalau kami jamin, saya yakin dikabulkan penangguhan kami. Suratnya sudah diterima (penyidik)," tuturnya.

Namun, Kapolsek Kelapa Gading Kompol Ari Cahya Nugraha mengungkapkan, masih banyak yang perlu dikoreksi dari surat penangguhan penahanan itu.

Ari menekankan bahwa berdasarkan KUHAP, jaminan untuk permohonan penangguhan penahanan hanya bisa dari keluarga.

"Yang lain enggak bisa," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com