Donny Alamsyah Bermodal Kacamata Hitam untuk Gerhana Matahari

Kompas.com - 09/03/2016, 05:00 WIB
Donny Alamsyah berpose di acara syukuran film Skakmat yang dibintanginya, di Pong Me, Jakarta Selatan, Kamis (30/7/2015). KOMPAS.com/THALIA SHELYNDRA WENDRANIRSADonny Alamsyah berpose di acara syukuran film Skakmat yang dibintanginya, di Pong Me, Jakarta Selatan, Kamis (30/7/2015).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktor laga Donny Alamsyah (37) mengatakan bahwa ia tak punya persiapan khusus untuk menyambut gerhana matahari yang juga akan melintasi wilayah Jakarta pagi ini, Rabu (9/3/2016).

Dia hanya bermodal sebuah kacamata hitam yang biasa dibawa ke mana-mana.

"Saya sendiri persiapin kacamata hitam saja," tuturnya dalam wawancara usai pemutaran film Iseng di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2016) malam.

Namun, itupun ia pakai jika memang dirinya sempat melihat fenomena langka tersebut. Lagipula, menurut Donny, pada dasarnya matahari bukanlah sesuatu yang bisa dipandangi.

"Bukan 'kodratnya' matahari untuk dilihat he-he-he. Besok juga saya ada kerjaan jadi enggak bisa ke sana (Ancol atau Planetraium)," tuturnya.

Meski begitu, ia paham jika gerhana matahari cukup mengundang rasa penasaran orang-orang untuk melihatnya secara langsung. Dirinya pun ketika masih kecil pernah tertarik menyaksikan gerhana matahari.

"Memang itu fenomena jarang terjadi. Saya pernah lihat gerhana waktu SD, pakai kacamata plastik-plastikan itu. Waktu itu pas di sekolah, terus lihat suasana gelap jadi penasaran, terus saya keluar kelas," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Jakarta sendiri, tingkat ketertutupan matahari mencapai 88,74 persen. Fase gerhana di Jakarta, yakni pukul 06.19 WIB (bulan dan matahari mulai bersinggungan), pukul 07.21 WIB (gerhana matahari total) dan pukul 08.31 WIB (gerhana selesai).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.