Begini Cara Bekraf Dorong Seniman Indonesia "Go International"

Kompas.com - 18/03/2016, 10:30 WIB
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, mengungkapkan pihaknya berencana membuat institusi yang khusus membantu pelaku seni Tanah Air untuk bisa berkarier secara global.

Institusi itu akan dibuat seperti agen pemerintah Korea Selatan bernama Kocca (Korean Creative Content Agency), yang mengumpulkan seniman berbakat, mempromosikan mereka ke dunia hingga memberi dukungan finansial.

"Akan kami institusikan untuk semua jenis pertunjukan. Musik, film, dan sebagainya. Sasarannya anak-anak muda," kata Triawan di sela malam anugerah Bakti Musik Indonesia di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Kamis (17/3/2016) malam.

Triawan mengatakan, setiap tahun Kocca mengadakan audisi terbuka untuk orang-orang berbakat seni. Kemudian mereka dipoles sedemikian rupa dan ditanamkan disiplin yang ketat.

Metode itulah yang ingin diadaptasi oleh Bekraf, yakni mengkurasi dan mencari orang-orang berbakat yang bisa ditembakkan ke kelas dunia.

"Itu yang dilakukan oleh Korea. Bekraf kan baru setahun, kami mencari cara-cara itu, disiplin itu perlu. Tanpa proses seperti itu jangan harap kita jadi pemain dunia, di bidang apapun juga," tuturnya.

"Contoh Agnez Mo disiplinnya luar biasa, menjaga badannya. Masa bisa nyanyi doang, latihan vokal enggak pernah, tapi pengin jadi pemain dunia, ya enggak bisa," tambah Triawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.