Kuasa Hukum: Penetapan Tersangka Jeremy Thomas Termasuk Pembunuhan Karakter

Kompas.com - 06/04/2016, 17:36 WIB
|
EditorIrfan Maullana

 JAKARTA, KOMPAS.com -- Kuasa hukum artis peran Jeremy Thomas, Simon Nahak, mengatakan bahwa status tersangka yang sempat disematkan kepada kliennya atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan, merupakan bentuk pembunuhan karakter.

Untuk diketahui, tuduhan itu dilaporkan oleh seorang warga negara Australia Patrick Alexander yang bersengketa vila di Ubud dengan Jeremy pada 2013 lalu.

"Peristiwa inikan sudah kategori pembunuhan karakter. Karena bisa-bisa kontraknya batal karena kondisi yang ada," tutur Simon kepada Kompas.com dalam wawancara lewat telepon, Rabu (6/4/2016).

Namun, apakah Jeremy akan melaporkan balik kuasa hukum Patrick, Ida Bagus Astina, kata Simon, hal tersebut merupakan hak kliennya.

"Itukan hak pak Jeremy. Sampai hari ini belum ada surat kuasa mendampingi beliau melaporkan ke manapun. Saya kira bisa saja. Kan akan terjadi lapor melapor kalau salah satu pihak merasa dirugikan. Cuma sementara ini saya belum diberikan kuasa untuk itu," ucapnya.

Dihubungi terpisah, dalam kasus ini Jeremy tak menampik ada unsur pembunuhan karakter dan pencemaran nama baik.

Bahkan bukan hanya tentang penetapan tersangka. Tetapi juga berkait sengketa vila di Ubud. Sebab, Jeremy sempat melaporkan Ida Bagus Astina Bareskrim Mabes Polri pada 24 Februari 2016 atas tuduhan pencemaran nama baik sesuai pasal 310 dan 311 KUHP dan pasal 27 serta 45 Undang-undang Informasi dan Teknologi. Nomor surat laporannya yakni LP/ 200/II/2016/Bareskrim.

"Pembunuhan karakter saya dan keluarga. Sangat merugikan nama baik saya dan keluarga dan langkah paling baik adalah secara hukum," tuturnya melalui pesan WhatsApp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.