Video Pidato Antarkan Rania Putri Menjadi Kartini

Kompas.com - 12/04/2016, 13:58 WIB
Rania Putri di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2016) malam KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Rania Putri di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2016) malam
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Model asal Surabaya, Rania Putri (21), terpilih memerankan karakter pejuang emansipasi wanita Raden Ajeng Kartini dalam film Surat Cinta untuk Kartini.

Ia mengaku mengikuti pemilihan pemain atau casting film itu berawal dari iseng. Rania pun mencoba mengirimkan sebuah video kepada kru film tersebut.

"Iseng-iseng kirim video ternyata dipanggil untuk casting di Jakarta," tuturnya di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2016) malam.

Tak ada syarat mutlak untuk video tersebut. Yang terpenting, lanjutnya, calon pemain mampu mengumpamakan diri sebagai Kartini.

"Jadi waktu itu Rania speech (berpidato) buat perempuan Jawa. Karena waktu itu susah buat mereka mendapat pendidikan, hanya kalangan ningrat. Pidato sih, iseng-iseng aja. Buat kata-katanya sendiri aja," ujarnya.

Setelah mengirim video berdurasi tiga menit itu, perempuan yang tengah mengambil jurusan manajemen bisnis internasional ini tak terlalu berharap.

Jika terpilih, syukur. Namun apabila tidak, ia menganggapnya sebagai pengalaman saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sampai akhirnya diketemukan sama Chicco langsung. Abis itu Rania kepilih. Pas dipilih 'hah beneran nih?' He-he-he. Nervous juga, takut kan. Inikan film pertama, tapi udah (genre) sejarah," ucapnya.

Setelah didaulat memerankan sang putri ningrat, Rania yang hanya berbekal pengalaman teater semasa SMA berusaha mendalami karakternya dengan baik.

"Selama shooting pun Rania di-direct sama produser dan sutradara. Mereka maunya gimana. Rania juga takut salah, jadi pasti ada beban. Tapi karena kami selalu terbuka, akhirnya film ini bisa selesai juga," tuturnya.

Surat Cinta untuk Kartini berkisah tentang seorang tukang pos (Chicco) yang jatuh hati kepada R A Kartini (Rania) setelah mengantar sepucuk surat kepada sang putri ningrat. Film ini dijadwalkan dirilis pada 21 April 2016, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.