Patah Kaki Sisakan Ngilu, Pencipta Lagu "Bento" Tak Bisa Berjalan

Kompas.com - 13/04/2016, 22:48 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com — Naniel C Yakin, yang bersama Iwan Fals menciptakan lagu legendaris 'Bento', kini sedang sakit di tempat tinggalnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Kaki Naniel yang patah, karena ia pernah terjatuh, masih menyisakan ngilu. Ia juga mulai pikun.

Kabar itu disampaikan oleh istri Naniel, Nini Widowati, ketika diwawancara melalui telepon oleh Kompas.com pada Rabu (13/4/2016).

"Mas (Naniel) kan jatuh, dan kakinya patah. Sudah baik waktu itu, tetapi masih belum mau jalan, dan sudah mulai pikun," tutur Nini.

"Pikunnya itu sekarang dia lebih sering mandi, padahal sudah lima kali mandi. Katanya, belum," lanjutnya.

"Susah, karena Mas kan enggak bisa jalan. Dia enggak pernah berdiri karena katanya ngilu. Jadi, ngesot kalau ke kamar mandi," tuturnya lagi.

Dituturkan pula oleh Nini bahwa Naniel sempat bermukim di Surabaya. Di Kota Pahlawan, mantan wartawan surat kabar itu tinggal di sebuah kamar indekos relatif sederhana bersama anak keduanya.

"Indekos di Surabaya, Mas Naniel sama anak nomor dua. Dia indekos di sana. Kerja freelance aja, sambil buat-buat acara gitu, Mbak," ceritanya.

"Bento" diciptakan oleh Naniel bersama Iwan. Lagu tersebut ada dalam album Swami, yang dirilis pada 1989.

Album itu milik grup Swami, yang terdiri atas Iwan Fals (vokal, vokal latar, gitar akustik, dan harmonika), Sawung Jabo (gitar akustik, vokal, dan vokal latar), Naniel (flute, recorder, vokal, dan vokal latar), Nanoe (bas dan vokal latar), serta Innisisri (drum, perkusi, dan vokal latar).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.