Iwan Fals Kritik Reklamasi

Kompas.com - 16/04/2016, 13:27 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Iwan Fals (54) menyampaikan ketidaksetujuannya terhadap rencana pemerintah daerah untuk melakukan reklamasi atau membuat daratan di laut.

Diketahui, saat ini ada dua rencana reklamasi yang mendapat sorotan, yakni reklamasi Teluk Benoa dan Pantai Utara Jakarta.

"Klo lautnya sudah rusak mungkin bisa direklamasi, tapi klo lautnya masih bagus ya janganlah, kasian ikan2 & nelayannya," tulisnya dalam akun Twitter @iwanfals, Jumat (15/4/2016).

Ia menambahkan, memang jika laut rusak masih ada cara untuk memulihkan atau memperbaikinya. Tetapi lain halnya apabila wilayah laut mati karena digantikan dengan daratan.

Pria bernama lengkap Virgiawan Listanto ini juga merasa heran mengapa Indonesia yang memiliki belasan ribu pulau masih mau membuat pulau buatan lewat reklamasi.

"Negara kepulauan kok bikin pulau, wah ini bahan sy utk ke pulau kapuk nih," tulisnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.