Garin Nugroho: Bagi Generasi Sinema

Kompas.com - 02/05/2016, 18:56 WIB
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Garin Nugroho berbangga menerima penghargaan di bidang seni dan sastra dari Pemerintah Perancis, Ordre des Arts et des Lettres.

Penghargaan yang diberikan Duta Besar Perancis untuk Indonesia Corinne Breuze, pekan lalu, itu memberikan makna luas. Bukan sekadar untuk seorang Garin, melainkan demi menumbuhkan generasi baru sinema Indonesia lewat karya, festival, dan lokakarya.

"Paling bahagia kalau melihat pertumbuhan generasi baru yang beranak-pinak dengan beragam karakter secara cepat. Ini seperti melihat taman beragam bunga yang terus tumbuh," kata Garin.

Keindahan orang bertanam adalah apabila melihat bunga tumbuh subur dan berbunga terus-menerus. Garin mencontohkan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), festival film yang ia gelar pada 2006. JAFF saat ini sudah ditangani anak-anak muda dan masuk dalam 15 festival terpenting di Asia.

"Generasi baru sinema itu membanggakan. Banyak dari mereka mampu membuat karya jauh lebih bagus dari karyaku," imbuh sutradara film Guru Bangsa Tjokroaminoto dan Aach Aku Jatuh Cinta itu.

Lebih membahagiakan lagi saat Garin melihat generasi baru sinema itu tumbuh secara independen dan berjuang merebut pasar dengan karya.

"Terus berkarya dengan semangat indie. Being independent is cool he-he..," kata Garin. Wah, kayak bunyi kampanye? (IVV)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 2 Mei 2016, di halaman 32 dengan judul "Bagi Generasi Sinema".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.