Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Magang di Kantor Ahok, Putra Dewi Yull Ingin Jadi Politisi

Kompas.com - 03/05/2016, 10:55 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Surya Sahetapy, putra aktor kawakan Ray Sahetapy dan vokalis sekaligus aktris senior Dewi Yull, kini berniat menjadi seorang politisi.

Niat itu muncul setelah ia selesai menjalani program magang di Kantor Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, pada Maret 2016.

Selama ini Surya sudah lebih dulu bermain film.

"Saya pikir-pikir dulu (untuk terus menjadi artis peran), karena saya kan kemarin baru selesai magang di kantor gubernur, saya jadi tertarik sebagai politisi," tutur Surya, yang hadir dalam gala premiere film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara, CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2016) malam.

Menurut Surya, dengan menjadi politisi, ia bisa terbantu untuk memperjuangkan hak-hak bagi rekan-rekannya sesama orang-orang berkebutuhan khusus, termasuk para penyandang tunarungu.

Perjuangan hak-hak mereka, menurut Surya lagi, mencakup, antara lain, kemudahan mengakses informasi, fasilitas umun, dan pendidikan.

"Ketika seseorang masuk ke sekolah umum, tapi tak diberi akses, itu pelanggaran hak asasi. Pertama, bahasa isyarat. Bayangkan kalau ada kata-kata lebih sulit. Teman-teman sulit (paham). Bahasa isyarat membantu saya mengakses bahasa Indonesia. Kalau tidak ada itu, saya tidak bisa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com