Joey Alexander Setenang Sungai Kecil

Kompas.com - 03/05/2016, 21:45 WIB
Joey Alexander tampil dalam pergelaran Grammy Awards 2016 atau yang ke-58 di Staples Center, Los Angeles, California, AS. pada Senin (15/2/2016) malam waktu setempat. AFP PHOTO/ROBYN BECKJoey Alexander tampil dalam pergelaran Grammy Awards 2016 atau yang ke-58 di Staples Center, Los Angeles, California, AS. pada Senin (15/2/2016) malam waktu setempat.
EditorIrfan Maullana


KOMPAS.com -- Pianis jazz belia asal Indonesia, Joey Alexander (12), main bareng musisi jazz kawakan dunia Wayne Shorter pada perhelatan International Jazz Day 2016 pada Jumat (29/4/2016) pekan lalu.

Tak tanggung-tanggung, Joey main di halaman belakang Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat. Presiden AS Barack Obama dalam menyambut konser itu "mengganti" nama Gedung Putih (White House) menjadi "the Blues House".

Joey main satu lagu gubahan Shorter berjudul "Footprints". Joey beraksi di balik grand piano, sementara Shorter meniup saksofonnya. Mereka juga diiringi Esperanza Spalding pada kontrabas.

Situs The New York Times menilai komposisi yang mereka mainkan itu demikian mengalun layaknya air di sungai kecil. Ketiganya berkomunikasi melalui musik yang mereka mainkan. "Percakapan (musik) yang paling sejati dalam konser itu," tulis The New York Times.

"Footprints" adalah nomor jazz klasik yang dicomot dari album Shorter, Adam's Apple, produksi 1966. Dalam versi aslinya, bagian piano di lagu itu dimainkan oleh Herbie Hancock, salah satu tokoh jazz panutan Joey, yang juga tampil di konser itu.

Selepas tampil, Joey berkomentar lewat akun Twitter resminya. "Sebuah anugerah dan kebanggaan tak terperi bisa main bersama salah satu panutanku, Wayne Shorter, dan (basis) berbakat super Esperanza Spalding," cuit Joey.

Di akun itu, Joey juga memajang foto bersama salah satu pahlawannya, Chick Corea, di dalam bus yang membawa mereka ke Gedung Putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Joey dijadwalkan tampil di negara kelahirannya, Indonesia, pada 22 Mei mendatang. Pertunjukan itu berlokasi di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Album perdananya, My Favorite Things,yang membawa Joey masuk nominasi Grammy tahun 2016 ini, juga segera beredar di Indonesia. Kita tunggu saja. (HEI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 3 Mei 2016, di halaman 32 dengan judul "Setenang Sungai Kecil".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.