Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal dari Obrolan soal Alat Gitar, Lima Gitaris Bentuk Six Strings

Kompas.com - 12/05/2016, 19:42 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari obrolan iseng soal alat gitar di sebuah grup Whatsapp, maka terbentuklah band Six Strings.

Band yang terdiri dari I Dewa Gede Budjana, Tohpati Ario Hutomo, Aria Baron Suprayogi, Ibrahim Imran atau Baim, dan Eross Candra itu unjuk kebolehan di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan 17, Kamis (12/5/2016) pukul 19.30 malam ini.

"Sebenarnya kita sebelum memutuskan bentuk Six Strings ini, kami sering ngomongin belanja-belanja alat gitar. Lebih ke kayak geng. Tapi ada yang cetusin, udahlah kita buat album aja, jadilah Six Strings," kata Eross di BBJ, Kamis sore.

Eross mengatakan, grup Whatsaap tersebut "dihuni" oleh beberapa gitaris Indonesia. Namun, hanya mereka yang berniat membentuk band tersebut.

Six Strings kemudian meluncurkan album perdana yang diberi nama I Got Your Back pada tahun 2014.

Eross menuturkan, untuk aransemen musik, mereka menunjuk satu orang untuk setiap lagu.

"Harus ada satu leader-nya. Kayak album kemarin itu Tohpati yang direct. Kalau semua ego masing-masing enggak jadi. Kami harus percayain satu orang," ujarnya.

Mereka juga mengutamakan suasana kekeluargaan. Hal itulah yang menurut Eross membuat bisa mempertahankan kekompakan.

"Six String sudah kayak keluarga. Tidak hanya gitar yang diperbincangkan, kami juga ngomongin keluarga kayak anak-anak kami," kata Eross.

Di luar Six Strings, masing-masing personel juga menjadi anggota band lain. Seperti Dewa Budjana yang bergabung dengan band GIGI, dan Eross yang merupakan personel Sheila on 7.

Tampil di BBJ malam ini, Eross dan kawan-kawan akan melepas rindu setelah lama tidak bermain bareng.

"Malam ini kami mainnya dengan tema kangenan. Udah lama kami enggak main. Kami pada padat kan jadwalnya," kata Baim dalam jumpa pers di Ruang Serbaguna BBJ pada Kamis petang.

Ada lebih dari 12 lagu yang akan disuguhkan kelima pemain gitar tersebut. Sebagian besar diambil dari album I Got Your Back (2014), dan selebihnya dari luar album itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com