Sophia Latjuba Ajak Dukung Kampanye #TolakRUUPertembakauan

Kompas.com - 24/05/2016, 13:33 WIB
Sophia Mueller KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGSophia Mueller
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Sophia Latjuba mengajak masyarakat untuk mendukung kampanye #TolakRUUPertembakauan, melalui akun Instagram-nya @sophia_latjuba88.

"Yuk, dukung ini. #TolakRUUPertembakauan @KompakCo @KerenTanpaRokok @BebasRokokID @TanpaRokokID," tulisnya, Selasa (24/5/2016).

Ia juga memajang sebuah poster iklan layanan masyarakat bertuliskan "Selamat! Anda Melindungi Bandar Produk Mematik Berkedok Citarasa dan Warisan Budaya" dan "RUU Pertembakauan Izin Resmi Membunuh Indonesia".

 

Yuk, dukung ini. #TolakRUUPertembakauan @KompakCo @KerenTanpaRokok @BebasRokokID @TanpaRokokID

A photo posted by ????????Sophia Latjuba???????? (@sophia_latjuba88) on May 23, 2016 at 9:53pm PDT

Iklan yang diluncurkan oleh Komnas Pengendalian Tembakau bermakna sindirian terhadap RUU tersebut. Banyak yang memberi dukungan dan setuju akan itu, tetapi ada pula netizen yang mempertanyakan ajakan Sophia tersebut.

"Bagaimana nasib petani tembakau? Bagaimana nasib jutaan orang yang bekerja di perusahaan rokok? Bagaimana kalau mereka adalah kepala keluarga yg harus menghidupi anak dan istrinya?" tulis seorang netizen dalam kolom komentar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Iya lebih baik jutaan orang mati krn penyakit disebabkan rokok," jawab kekasih Ariel "NOAH" itu menyindir.

Tahun lalu, RUU Pertembakauan dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2015 - 2019.

Sejak itu, timbul pro kontra. Yang tak setuju menilai RUU tersebut berpotensi mengancam Indonesia, dari isu eksploitasi, lingkungan hingga isu kesehatan.

Sedangkan, DPR beralasan pembahasan RUU itu tujuannya untuk melindungi industri tembakau, khususnya para petani dalam negeri. Dengan demikian petani tidak merugi, tidak mematikan pabrik rokok kretek, dan tetap memperhatikan masalah kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.