Livi Zheng Lulus Kuliah

Kompas.com - 28/05/2016, 15:38 WIB
Livi Zheng, sutradara, produser, dan bintang film Brush with Danger asal Indonesia, berpose di sela sesi wawancara oleh Kompas.com, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Brush with Danger menjadi film layar lebar perdana arahan sutradara kelahiran Indonesia yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat tersebut. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOLivi Zheng, sutradara, produser, dan bintang film Brush with Danger asal Indonesia, berpose di sela sesi wawancara oleh Kompas.com, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Brush with Danger menjadi film layar lebar perdana arahan sutradara kelahiran Indonesia yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat tersebut.
EditorIrfan Maullana


KOMPAS.com - Pertengahan Mei lalu, Livi Zheng (27), sutradara muda Indonesia yang berkibar di Hollywood, sedang bahagia. Pasalnya, ia baru saja menyelesaikan pendidikan S-2 di University of Southern California, Amerika Serikat.

Ia makin gembira karena ayah-ibunya, Gunawan dan Lily, hadir pada acara wisuda. Di luar itu, ada sejumlah bintang Hollywood yang juga datang, antara lain aktor Robert Downey Jr (pemeran film Iron Man), Alejandro G Iñárritu (sutradara, produser pemenang Piala Oscar), dan Paul Feig (sutradara film Spy). Feig bahkan tidak hanya datang, tetapi juga memberikan sambutan.

Universitas papan atas itu memang punya relasi dekat dengan Hollywood antara lain karena banyak sutradara sering shooting di kampus tersebut. Karena itu, setiap acara wisuda di sana, para bintang berdatangan.

"Acara wisudanya sangat meriah. Banyak orang terkenal di Hollywood datang. Tapi yang paling spesial buat saya adalah kehadiran kedua orangtua saya," tulis Livi Zheng lewat surel pada Kamis (26/5).

Livi menempuh pendidikan produksi film selama 4,5 tahun. Waktu kuliahnya molor karena ia sering cuti untuk membuat film di luar proyek kuliah. Ia menulis tesis tentang karapan sapi.

"Karapan sapi adalah tradisi Madura yang tak dimiliki oleh budaya lain di luar negeri. Tradisi ini harus diabadikan. Salah satu caranya dengan membuat film bertema itu," ujarnya. (TRI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 Mei 2016, di halaman 32 dengan judul "Lulus Kuliah".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X