Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Livi Zheng Lulus Kuliah

Kompas.com - 28/05/2016, 15:38 WIB


KOMPAS.com - Pertengahan Mei lalu, Livi Zheng (27), sutradara muda Indonesia yang berkibar di Hollywood, sedang bahagia. Pasalnya, ia baru saja menyelesaikan pendidikan S-2 di University of Southern California, Amerika Serikat.

Ia makin gembira karena ayah-ibunya, Gunawan dan Lily, hadir pada acara wisuda. Di luar itu, ada sejumlah bintang Hollywood yang juga datang, antara lain aktor Robert Downey Jr (pemeran film Iron Man), Alejandro G Iñárritu (sutradara, produser pemenang Piala Oscar), dan Paul Feig (sutradara film Spy). Feig bahkan tidak hanya datang, tetapi juga memberikan sambutan.

Universitas papan atas itu memang punya relasi dekat dengan Hollywood antara lain karena banyak sutradara sering shooting di kampus tersebut. Karena itu, setiap acara wisuda di sana, para bintang berdatangan.

"Acara wisudanya sangat meriah. Banyak orang terkenal di Hollywood datang. Tapi yang paling spesial buat saya adalah kehadiran kedua orangtua saya," tulis Livi Zheng lewat surel pada Kamis (26/5).

Livi menempuh pendidikan produksi film selama 4,5 tahun. Waktu kuliahnya molor karena ia sering cuti untuk membuat film di luar proyek kuliah. Ia menulis tesis tentang karapan sapi.

"Karapan sapi adalah tradisi Madura yang tak dimiliki oleh budaya lain di luar negeri. Tradisi ini harus diabadikan. Salah satu caranya dengan membuat film bertema itu," ujarnya. (TRI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 Mei 2016, di halaman 32 dengan judul "Lulus Kuliah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com