Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi Gus Dur, Glenn Fredly Produseri Album Religi "Hidayah"

Kompas.com - 02/06/2016, 16:08 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi Glenn Fredly menjadi produser album religi berjudul Hidayah. Glenn mengaku terinspirasi dari mendiang Presiden keempat RI Abdurrachman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Mem-produce dan membuat album yang sebelumnya tidak pernah terpikir, yakni memproduseri album religi yang bernapaskan Islam. Ini ide lama yang baru sekarang terwujud," kata Glenn saat ditemui di peluncuran album Hidayah di Common People, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2016).

"Album ini hasil obrolan dan diskusi bersama teman-teman sepergaulan. Saya memutuskan, mengumpulkan teman-teman musisi baru yang belum pernah saya ajak kerja bareng," imbuhnya.

Selain itu, beberapa referensi juga ia dengarkan, seperti lagu-lagu dari Leo Kristi dan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun.

Glenn juga mendapat inspirasi dari buku dan tulisan Gus Dur hingga akhirnya menjadi produser album Hidayah dengan semangat pluralisme.

"Dan buku, itu buku Gus Dur, Tuhan Tak Perlu Dibela. Potongan-potongan tulisan Gus Dur, pandangan dia yang menginspirasi saya, mencoba mengemas jadi album untuk masyarakat," ungkapnya.

Bahkan Glenn mengibaratkan Islam dan Kristen adalah kakak dan adik. "Saya percaya seperti ini, Muslim itu kakak, Christian itu adik, jadi ini adalah persembahan dari adik untuk seorang kakak," tutur Glenn.

Selain menjadi produser, Glenn juga turut menulis lirik untuk beberapa lagu yang turut dibantu oleh Tompi, Wisnu 'Wizzow, Agus Noor, Dian Permana Poetra, Rieke Roslan, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com