Venna Melinda: Bekraf Perlu Kembangkan Kajian Film

Kompas.com - 15/06/2016, 21:33 WIB
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com - Legislator Komisi X DPR RI Venna Melinda mengusulkan agar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) perlu membuat kajian film-film Indonesia yang sukses demi berkembangnya perfilman nasional.

"Bekraf bisa bersama-sama para produser membuat kajian bagi film-film yang sukses, kategorinya bukan hanya banyak penontonnya, tetapi berkualitas, sebagai pemetaan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X DPR dengan Bekraf yang diketuai Triawan Munaf di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (15/6/2016).

Hal sependapat juga diutarakan pimpinan rapat sekaligus Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra dan 24 anggota yang hadir dalam RDP.

"Dalam rangka pengembangan perfilman nasional dan merekomendasikan panja perfilman nasional, Komisi X DPR meminta Bekraf melakukan kajian secara komprehensif," kata Sutan, menyinggung akan direkomendasikannya panitia kerja (Panja) Perfilman Nasional.

Komisi X juga meminta Bekraf segera menyusun sistem pencatatan film terlaris (box office) terintegrasi, dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kami meminta Bekraf menyusun sistem box office terintegrasi bekerja sama dengan Kemendikbud RI," demikian Sutan.

Pusat Pengembangan (Pusbang) Film Kemendikbud mulai merancang sistem box office terintegrasi dan ditargetkan selesai tahun ini.

Sistem tersebut nantinya digunakan untuk memetakan pasar film nasional, memastikan promosi film lebih tepat sasaran hingga menyelenggarakan lokasi pertunjukan baru.

Sistem box office terintegrasi juga diharapkan membuka akses masyarakat akan lebih mudah memperoleh data film yang dibutuhkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.