Fla Priscilla: "Dubber" Bukan Pekerjaan Lepas, tetapi...

Kompas.com - 17/06/2016, 18:37 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Fla Priscilla menilai bahwa bahwa dubber atau penyulih suara bukanlah pekerjaan lepas, melainkan sebuah profesi.

"Dubber itu memang banyak yang enggak tahu, tapi sama profesinya seperti dokter hewan, pengacara, dan lain-lain. Orang mengira freelance, tapi itu profesi," kata Fla ketika menghadiri acara peluncuran film Jurassic World versi bahasa Indonesia, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2016).

Fla yang pernah tergabung dalam grup vokal Tofu itu mengatakan, profesi yang dijalaninya sebagai penyulih suara itu termasuk menjanjikan.

Dia mengaku lebih banyak menjadi penyulih suara untuk produk iklan sejak mulai menjajal profesi tersebut 20 tahun lalu.

"Jadi seorang dubber di Indonesia menjanjikan. Saya enggak ngomongin saya, tapi dubber senior, mereka bisa hidup dan memenuhi kebutuhan keluarga dari dubber," kata dia.

Fla mengaku, dia bisa menyulih suara hingga lima produk iklan dalam sepekan.

"Saya seminggu bisa lima atau tiga iklan, kaliin aja. Jadwal lumayan padat karena saya dubbing iklan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.