Rossa Merasa Ribet dengan Kebijakan Pelat Nomor Ganjil-genap

Kompas.com - 29/06/2016, 19:56 WIB
Rossa menghadiri acara peluncuran trailer film ILY From 38.000 FT, di Hard Rock Cafe Jakarta, SCBD, Kamis (9/6/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANRossa menghadiri acara peluncuran trailer film ILY From 38.000 FT, di Hard Rock Cafe Jakarta, SCBD, Kamis (9/6/2016).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem pelat ganjil genap.

Rencananya, kebijakan tersebut akan berlaku mulai 26 Agustus 2016 dengan pelaksanaan uji coba pada 27 Juli 2016.

Menanggapi hal tersebut, penyanyi Rossa (37) berpendapat bahwa kebijakan tersebut agak aneh. Apalagi, semua kendaraan yang dimilikinya mempunyai pelat nomor genap.

"Pelat mobil saya kayaknya genap semua. Tadi baru aja kami bahas di rumah, 'Kita naik apa dong? Masa mau beli mobil lagi?' Kan aneh, ya. Masa ganti pelat? Juga aneh. Jadi, mudah-mudahan aja cepat diganti," kata Rossa di Plaza Senayan, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2016) malam.

"Mau gimana lagi? Enggak tahu juga sih," sambung mantan istri penabuh drum band PADI, Surendro Prasetyo atau Yoyo tersebut.

Rossa menilai kebijakan kurang efektif. Sebab petugas akan memantau satu per satu setiap pelat nomor kendaraan yang melintas di jalan raya.

"Ribet, ribet banget. Polisi masa harus ngelihatin pelat nomor satu-satu? Kan aneh, ya," ucap Rossa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah menjelaskan alasan pemilihan tanggal 27 Juli.

Tahap uji coba penerapan ganjil genap akan berlangsung selama sekitar satu bulan. Setelah itu akan dilanjutkan ke tahap pemberlakuan secara permanen pada Agustus.

Secara teknis, pembatasan kendaraan dengan sistem pelat ganjil-genap akan dilakukan dengan hanya memperbolehkan kendaraan dengan pelat genap melintas pada tanggal genap.

Sebaliknya, kendaraan dengan pelat ganjil hanya diperbolehkan melintas pada tanggal ganjil. Penerapannya akan diberlakukan di empat ruas jalan, yakni Jalan MH Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto, dan Rasuna Said. Kebijakan ini akan berlaku pada pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.