Hasilkan Rp 2,2 Triliun, Taylor Swift Ungguli One Direction dan Adele

Kompas.com - 12/07/2016, 06:42 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Penyanyi Taylor Swift menjadi pesohor berpenghasilan terbesar sepanjang tahun 2016 dalam daftar 100 selebriti berbayaran terbesar versi majalah Forbes, Senin (11/7/2016).

Dari Juni 2015 hingga Juni 2016, pelantun "Shake It Off" itu menghasilkan 170 dollar AS (Rp 2,2 triliun). Sebagian besar dihasilkan dari tur konser album 1989. Ia juga membintangi iklan Diet Coke, Keds, dan Apple.

Perolehannya ini dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, yang "hanya" 80 milliar dollar AS (Rp 1,05 triliun).

Penghasilannya jauh di atas penyanyi-penyanyi lain seperti Adele, Bruce Springsteen, Rihanna, dan Madonna.

Ia juga mengalahkan rivalnya, Katy Perry, yang tahun lalu menjadi pesohor berpenghasilan terbesar dengan 135 juta dollar (Rp 1,7 triliun). Tahun ini Perry menduduki peringkat 63 denan penghasilan 41 juta dollar.

Berada di posisi kedua adalah boyband Inggris, One Direction yang menghasilkan 110 juta dollar (Rp 1,4 triliun). Disusul dengan penulis James Patterson yang menghasilkan 95 juta dollar AS.

Sementara itu penyanyi Inggris Adele berada di  posisi 9 dengan 80,5 juta dollar. Mantan pacar Swift, Calvin Harris juga masuk dalam daftar itu. Ia berada di peringkat 21 dengan penghasilan 63 juta dollar AS.

Yang masuk dalam 10 besar daftar tersebut adalah aktor komedi Kevin Hart yang berada di peringkat 6 dengan 87,5 juta dollar, penyiar radio Howard Stern di posisi 7 dengan 85 juta dollar.

"Penghasilan 100 pesohor ini total menghasilkan 5,1 miliar dollar sebelum pajak dalam 12 bulan terakhir. Jumlah itu melebihi gabungan pendapatan nasional Belize, Gambia, dan Bhutan," jelas Forbes.

Editor Forbes Zack O'Malley Greenberg mengatakan pertunjukan dunia hiburan masih menjadi penghasilan uang terbesar.

"Dari pertandingan sepak bola di Spanyol hingga konser di China, para penggemar rela mengeluarkan uang untuk menonton para pesohor. Itulah yang menyebabkan penghasilan para selebriti semakin besar," kata Greenberg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.