Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasilkan Rp 2,2 Triliun, Taylor Swift Ungguli One Direction dan Adele

Kompas.com - 12/07/2016, 06:42 WIB

KOMPAS.com - Penyanyi Taylor Swift menjadi pesohor berpenghasilan terbesar sepanjang tahun 2016 dalam daftar 100 selebriti berbayaran terbesar versi majalah Forbes, Senin (11/7/2016).

Dari Juni 2015 hingga Juni 2016, pelantun "Shake It Off" itu menghasilkan 170 dollar AS (Rp 2,2 triliun). Sebagian besar dihasilkan dari tur konser album 1989. Ia juga membintangi iklan Diet Coke, Keds, dan Apple.

Perolehannya ini dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, yang "hanya" 80 milliar dollar AS (Rp 1,05 triliun).

Penghasilannya jauh di atas penyanyi-penyanyi lain seperti Adele, Bruce Springsteen, Rihanna, dan Madonna.

Ia juga mengalahkan rivalnya, Katy Perry, yang tahun lalu menjadi pesohor berpenghasilan terbesar dengan 135 juta dollar (Rp 1,7 triliun). Tahun ini Perry menduduki peringkat 63 denan penghasilan 41 juta dollar.

Berada di posisi kedua adalah boyband Inggris, One Direction yang menghasilkan 110 juta dollar (Rp 1,4 triliun). Disusul dengan penulis James Patterson yang menghasilkan 95 juta dollar AS.

Sementara itu penyanyi Inggris Adele berada di  posisi 9 dengan 80,5 juta dollar. Mantan pacar Swift, Calvin Harris juga masuk dalam daftar itu. Ia berada di peringkat 21 dengan penghasilan 63 juta dollar AS.

Yang masuk dalam 10 besar daftar tersebut adalah aktor komedi Kevin Hart yang berada di peringkat 6 dengan 87,5 juta dollar, penyiar radio Howard Stern di posisi 7 dengan 85 juta dollar.

"Penghasilan 100 pesohor ini total menghasilkan 5,1 miliar dollar sebelum pajak dalam 12 bulan terakhir. Jumlah itu melebihi gabungan pendapatan nasional Belize, Gambia, dan Bhutan," jelas Forbes.

Editor Forbes Zack O'Malley Greenberg mengatakan pertunjukan dunia hiburan masih menjadi penghasilan uang terbesar.

"Dari pertandingan sepak bola di Spanyol hingga konser di China, para penggemar rela mengeluarkan uang untuk menonton para pesohor. Itulah yang menyebabkan penghasilan para selebriti semakin besar," kata Greenberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com