Dian Sastrowardoyo Menyempatkan Nyekar ke Makam Kartini

Kompas.com - 14/07/2016, 21:56 WIB
Artis peran Dian Sastrowardoyo dalam acara syukuran film Kartini di XXI Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016). KOMPAS.com/Dian Reinis KumampungArtis peran Dian Sastrowardoyo dalam acara syukuran film Kartini di XXI Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Dian Sastrowardoyo mempelajari berbagai aspek kehidupan RA Kartini agar bisa memerankan pahlawan emansipasi perempuan itu dengan baik.

Ia pun berkunjung ke Jepara dan Rembang untuk melihat secara langsung tempat Kartini besar.

"Rumahnya di Rembang diberikan oleh pemerintah daerah setempat untuk museum. Jadi bisa menikmati banget. Pokoknya masih orisinil banget rumahnya, masih asli. Kebayanglah kehidupan Kartini di sana bagaimana," kata Dian saat ditemui di acara syukuran film Kartini di Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).

Selain itu, ibu dua anak ini juga menyediakan waktu untuk mengunjungi makam Kartini di Desa Bulu, Rembang, Jawa Tengah.

"Saya sempat nyekar ke Rembang, ke makam Kartini. Kirim Al Fatihah. Terus bersilaturahim juga ke rumah Kartini," jelasnya.

Mengunjungi beberapa tempat bersejarah dalam kehidupan Kartini justru membuat Dian merasa gugup.

"Deg-degan luar biasa. Saya mencoba tenang dan menjalankan sebaik mungkin. Betapa saya dalam proses belajar ini berkali-kali berkesan dalam tulisan-tulisan beliau," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.