Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastrowardoyo "Mabuk" Bahasa Belanda

Kompas.com - 15/07/2016, 13:18 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memerankan RA Kartini membuat artis peran Dian Sastrowardoyo (34) harus belajar bahasa Belanda. Ia mengaku kewalahan dan mengumpamakannya seperti mabuk.

"Terus bahasa Belandanya ya Allah. Mabuk saya judulnya. So far ada 64 ayat atau dialog bahasa Belanda yang saya harus hafal ngomong dan pahami artinya," kata Dian saat ditemui di syukuran film Kartini di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).

Selain Bahasa Belanda, Dian juga belajar bahasa dan juga adat Jawa. Seperti diketahui Kartini adalah seoragn bangsawan Jawa yang masih sangat memegang adat istiadat.

"Lalu saya belajar istiadat Jawa dibantu tim dapur film. Karena mereka menyediakan banyak sumber untuk belajar tentang krama inggil, mlaku ndodhok (jalan jongkok)," ujarnya.

Dian menganggap berperan sebagai Kartini sebagai pekerjaan besar dan ia harus melakukannya secara serius.

"Saya nggak mau mengentengkan karena ini pekerjaan besar. Jalani dengan bismillah aja kita menjalani dengan hati semoga bisa selesai dengan baik," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com