Kelompok Penerbang Roket: Empal Gentong

Kompas.com - 26/07/2016, 21:01 WIB
Kelompok Penerbang Roket hai-online.comKelompok Penerbang Roket
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pertama kali mendarat di wilayah Cirebon, Jawa Barat, band rock dari Jakarta, Kelompok Penerbang Roket atau KPR, tak mampu menyembunyikan kekagumannya pada empal gentong, kuliner khas Cirebon.

Masakan berkuah serupa gulai tersebut bahkan dijadikan "bahan bakar" KPR sebelum manggung di Summersound Festival Volume 2 di sebuah kafe di Kota Cirebon, Jumat (22/7/2016) malam lalu.

"Selamat malam, Cirebon. Empal gentong," teriak John Paul Patton, pemain bas sekaligus vokalis, yang kemudian disambut sorak-sorai penonton.

Makanan itu memang sangat populer di kota tersebut. Empal gentong berupa potongan daging sapi yang berendam di dalam kuah santan berwarna kuning.

"Kami tadi makan empal gentong di tempat yang paling ramai (di Jalan Raya Plered, Cirebon). Enak, tetapi dagingnya kurang," ujar Coki, sapaan John.

Igusti Vikranta (Viki) pada drum dan Rey Marshall pada gitar tampak mengangguk, membenarkan komentar Coki soal empal gentong.

Malam itu, KPR seakan membayar kekagumannya terhadap kuliner khas tersebut kepada penonton yang umumnya berusia muda.

Pukulan cepat Viki, efek gitar Rey, serta vokal Coki menjadikan aksi panggung yang penuh tenaga. KPR menyajikan pentas dengan semangat.

Penonton diaduk layaknya empal gentong.

Mereka membentuk lingkaran, berlarian, bahkan saling bertubrukan dengan santai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X