Cara Ayu Dewi Hindarkan Anak dari Obesitas

Kompas.com - 30/07/2016, 16:03 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Adanya kasus obesitas pada anak di Karawang, Jawa Barat, membuat pembawa acara Ayu Dewi merasa perlu mengontrol pola makan putrinya, Aqilah Dewi Humairah. Ia pun memilih mengarahkan si kecil untuk makan buah dan sayur.

"Saya bukan dokter tapi ya saya tahu manis paling bagus ya dari buah. Vitamin yang bgus dari sayur dan semua bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan. Jadi anak-anak itu sampai di usia belum bisa milih mana yang baik dan buruk sebaiknya kita mengarahkan," katanya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2016).

Selain itu, Ayu juga membatasi putri tunggalnya itu dalam mengonsumsi permen dan cokelat.

"Anak saya misalnya sebelum tidur sikat gigi jangan makan permen dan harus dikontrol-kontrol makanan yang dikonsumsinya. Jadi anak itu bisa tahu, kalau malan permen dan cokelat kebanyakan, nanti giginya bolong," jelasnya.

Sebagai penggantinya, pembawa acara Dahsyat ini pun memberikan kismis atau buah saat anak ingin kudapan.

"Aqila suka ngemil tapi kita suka kasih kismis, buah, puding yang banyak serat gitu deh," katanya.

Ayu mengakui bahwa membatasi anak-anak untuk mengkonsumsi kudapan manis memang sulit. Tak jarang ia harus sedikit galak demi kebaikan sang anak.

"Dia doyan manis-manis, tapi itu tugas kita. Kalau dibilang galak terserah deh. Dia kan belum tahu itu bagus apa enggak. Dia belum tahu makan permen sebelm tidur tanpa sikat gigi bikin giginya bolong, dia belum tahu, itu tugas kita. Jadi kita kasih tahu, rajin sikat gigi," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.