Nugie Ingin Pejalan Kaki dan Pesepeda di Jakarta Merasa Nyaman

Kompas.com - 31/07/2016, 10:40 WIB
Nugie diabadikan usai menghadiri acara Pelepasan 1.000 Balon 'Share Your Dreams' Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2015). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGNugie diabadikan usai menghadiri acara Pelepasan 1.000 Balon 'Share Your Dreams' Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2015).
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Nugie berharap ada kebijakan dari pemerintah yang pro terhadap pejalan kaki dan pesepeda untuk menyikapi kemacetan di ibu kota.

“Saya berpikirnya kenapa belum pernah pro itu, kenapa ke mobil,” kata Nugie, saat ditanya mengenai uji coba pelat ganjil-genap di Jakarta, Jumat (29/7/2016) malam.

Nugie sejak beberapa tahun belakangan memilih bepergian dengan sepeda. Ia berpendapat menggunakan mobil atau motor untuk lebih cepat, tidak akan terjadi di Jakarta.

“Kamu naik motor, lebih cepat saya naik sepeda padahal jarak yang ditempuh sama,” kata Nugie.

Drummer band The Dance Company ini pernah berbincang-bincang dengan teman-temannya yang terlibat dalam lembaga kebijakan transportasi, bahwa mengatasi masalah transportasi sekaligus kebersihan udara adalah dengan membuat program yang mendukung pejalan kaki dan orang yang berkendara sepeda.

“Jadi, ya, menurut saya, coba diubah dulu, jangan lagi pro ke mobilisasi cepat. Kenapa nggak bikin orang bisa jalan kaki dengan enak?” ujar Nugie.

Ia melihat orang-orang kota sebetulnya mau berjalan kaki dalam jarak dekat, misalnya keluar kantor menuju tempat makan siang, bila Jakarta memiliki trotoar yang nyaman.

Menurut dia, jumlah transportasi di ibu kota sudah cukup asalkan armada nyaman dan diatur dengan baik.

“Gue tetap pengin, lo orang Jakarta yang keren-keren ini jalan kaki, naik sepeda dengan enak dan nyaman.”

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X