Anji: Kalau Sekolah Sepanjang Hari, Anak Saya Mending "Home Schooling"

Kompas.com - 09/08/2016, 12:18 WIB
Anji atau Manji diabadikan sesudah mengisi sebuah acara televisi di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (13/4/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANAnji atau Manji diabadikan sesudah mengisi sebuah acara televisi di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (13/4/2016).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Erdian Aji, yang biasa dipanggil Anji atau Manji, mengaku akan memilih sistem belajar home schooling untuk anak-anaknya, jika wacana perpanjangan waktu belajar para siswa SD jadi diberlakukan.

Telah diberitakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, membuat wacana memperpanjang waktu sekolah bagi para pelajar SD, dari pagi hingga sore.

"Kalau sekolah sepanjang hari diberlakukan, apalagi untuk SD, anak saya mending home schooling saja," tulis Manji pada akun Twitter-nya, @duniamanji, Senin (8/8/2016).

Ia membandingkan dengan Finlandia, yang sistem pendidikannya termasuk terbaik. Waktu belajar para siswa di sana hanya lima jam dan tanpa pekerjaan rumah.

Namun, pelantun "Dia" ini memahami bahwa hal tersebut masih berupa wacana dan belum tentu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukannya.

"Belum keputusan kok. Masih wacana. #FullDaySchool," tulis Manji juga.

Diberitakan sebelumnya, usulan perpanjangan waktu belajar itu sudah disampaikan oleh Muhadjir kepada Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

"Bapak Wakil Presiden setuju. Namun, beliau ada saran proyek percontohan dulu untuk menjajaki," kata Muhadjir Effendy, di Jakarta pada Senin (8/8/2016).

Muhadjir menjelaskan bahwa bersekolah sepanjang hari alias full day school sebenarnya sudah dijalankan oleh banyak sekolah, terutama sekolah swasta.

Menurut dia, sistem bersekolah sepanjang hari banyak memberi kesempatan kepada sekolah untuk menanamkan pendidikan karakter kepada para peserta didik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X