Riri Riza Libatkan Kru Lokal untuk Film "Athirah"

Kompas.com - 11/08/2016, 17:53 WIB
EditorIrfan Maullana

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sutradara ternama asal Makassar, Riri Riza, menjelaskan kesiapan penayangan perdana film Athirah yang dijadwal tayang secara serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 29 September 2016.

Riri Riza mengatakan, saat ini ia sedang fokus mengamati respons masyarakat terhadap film yang diadopsi dari novel karya Alberthiene Endah tersebut.

"Iya, sudah ditetapkan jadwal penayangannya pada 29 September nanti. Dalam film ini, banyak kru lokal dari sini yang terlibat seperti asisten sutradara, make-up artis dan bagian casting juga beberapa dari sini (Makassar)," katanya saat menghadiri kegiatan Makassar SEA Screen Academy, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (11/8/2016).

Pria berkacamata itu menjelaskan, dirinya saat ini tidak dalam proyek pembuatan film baru karena ingin lebih fokus ke penayangan film yang telah digarap sejak 2015 tersebut.

Menurut dia, sebelum film yang menceritakan kisah hidup ibunda Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla itu dibuat, survei telah dilakukan di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Sejumlah kabupaten dan kota berhasil disurvei dan dikunjungi, yakni Makassar, Maros, Bone, Wajo, Soppeng, Parepare dan Bulukumba, untuk mencari lokasi-lokasi shooting yang bernuansa tempo dulu sehingga bisa sesuai dengan cerita yang ada dalam novel karya Alberthiene Endah tersebut.

Sebelumnya, Riri Riza merencanakan penayanganya pada Juli 2016 atau setelah Lebaran 2016. Namun, karena beberapa hal sehingga tidak bisa melaksanakan sesuai rencana awal.

Riri berharap dalam penayangan perdananya nanti, khususnya di Makassar bisa mendapat respon yang tinggi dari penonton.

Film Athirah merupakan film Indonesia yang diproduksi Miles Film dan disutradai Riri Riza. Film ini melibatkan sejumlah atris ternama, antara lain Cut Mini, Jajang C Noer, dan Arman Dewarti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.