Pecahan Kendi Ramal Ashanty Mengandung Bayi Laki-laki

Kompas.com - 21/08/2016, 13:34 WIB
Anang Hermansyah dan Ashanty menggelar prosesi tujuh bulanan dengan adat mitoni di kediamannya, di Villa Cinere Mas, Cinere, Depok, Minggu (21/8/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANAnang Hermansyah dan Ashanty menggelar prosesi tujuh bulanan dengan adat mitoni di kediamannya, di Villa Cinere Mas, Cinere, Depok, Minggu (21/8/2016).
|
EditorIrfan Maullana

DEPOK.com -- Pasangan penyanyi Anang Hermansyah dan Ashanty Siddik menggelar prosesi selamatan tujuh bulanan atau yang biasa disebut mitoni --dalam adat Jawa--.

Upacara adat tersebut bertujuan untuk mendoakan keselamatan dan kelancaran proses kelahiran calon anak kedua Ashanty yang tengah dikandungnya.

Anang dan Ashanty memulai prosesi adat yang digelar di Villa Cinere Mas, Cinere, Depok, Minggu (21/8/2016), dengan berjalan beriringin menuju panggung siraman atau krobongan bersama anak pertama mereka, Arsy Addara Musicia Nurhermansyah.

Mereka juga ditemani oleh kedua anak Anang dari pernikahannya dengan penyanyi Krisdayanti, yakni Titania Aurelie Nurhermansyah dan Azriel Akbar Hermansyah.

Proses siraman diawali oleh Anang yang menyiram bahu hingga perut Ashanty. Lalu, disusul kemudian oleh sanak keluarga dekat dengan cara yang sama.

Setelah siraman selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pemecahan kendi. Pada proses ini, Anang sendiri yang memahkannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam adat Jawa, prosesi pemecahan kendi ini memiliki makna tertentu untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan sang ibu. Yakni, jika cucuk atau paruh kendi tidak hancur, maka dapat diartikan bahwa si jabang bayi berkelamin laki-laki.

Begitu pula sebaliknya, jika kendi hancur berkeping-keping dapat diartikan bahwa pasangan yang berbahagia akan dikaruniai anak perempuan.

"Anakku laki-laki," kata Anang begitu ia mengetahui kendi yang dipecahkannya menyisakan bagian cucuk. Raut wajah Anang dan Ashanty pun langsung sumringah. Begitu pula dengan Aurel dan Azriel.

Setelah melalui beberapa proses siraman,  selanjutnya ada tujuh model busana batik yang dikenakan oleh Ashanty.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.