"Jenny", Kolaborasi "Pocong" dan "Candyman" ala Joko Anwar

Kompas.com - 31/08/2016, 15:41 WIB
Sutradara Joko Anwar menghadiri peluncuran serial novel Supernova: Intelegensi Embun Pagi, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (28/2/2016) KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANSutradara Joko Anwar menghadiri peluncuran serial novel Supernova: Intelegensi Embun Pagi, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (28/2/2016)
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar menelurkan sebuah film pendek bergenre horor yang diberi judul Jenny.

Menurut Joko, film berdurasi sembilan menit itu menggabungkan horor Indonesia dan Hollywood.

"Gue remake film Candyman, tapi jatuhnya kayak film Pengabdi Setan. Tadinya mau bikin Candyman, eh jatuhnya Pengabdi Setan," kata Joko usai pemutaran film pendeknya itu untuk aplikasi Tribe di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2016).

Joko menjelaskan, awalnya ia berniat membuat film yang diadaptasi dari sebuah adegan dalam film horor Hollywood, Candyman.

Namun, setelah melalui proses pra-produksi, ia kemudian berpikir untuk memasukkan unsur horor Indonesia lewat karakter hantu pocong.

"Kenapa dipilih pocong karena memang pada waktu pengerjaannya aku mau tribute ke Candyman, tapi ketika bikin workshop dan script ada keinginan untuk tribute ke local horror film Pengabdi Setan. Jadinya Pengabdi Candy. Hehehe," ucap Joko.

"Saya pernah bikin riset tentang hantu-hantu nusantara. Ternyata kita yang variasinya paling banyak. Yang saya dapat aja ada 48 variasi hantu dan dedemit di Nusantara. Di AS paling cuma werewolf, zombie, vampir. Kita 48 loh," tambahnya.

Jenny sendiri bercerita tentang seorang pengasuh yang ditantang oleh anak lelaki yang ia jaga untuk memanggil hantu.

Sang pengasuh bernama Jenny itu pun memenuhi permintaan si anak, namun tak terjadi apa-apa. Hingga akhirnya terjadi kejadian yang tak ia sangka-sangka.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X