Gatot Brajamusti Akan Ajukan Penangguhan Penahanan

Kompas.com - 03/09/2016, 20:14 WIB
EditorKistyarini

MATARAM, KOMPAS.com - Gatot Brajamusti dan Dewi Aminah istrinya mengajukan permohonan rehabilitasi dan penangguhan penahanan kepada Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebagai informasi, Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) tersebut, dan istrinya, telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba.

"Jumat (3/9/2016) siang kami sudah ke Polda NTB, tapi katanya masih ada rapat, jadi tidak bisa ketemu dengan penyidik," kata Irfan Suryadinata, kuasa hukum Gatot dan Dewi, di Mataram, Sabtu (3/9/2016).

Ia menambahkan, mereka berencana datang lagi ke Polda NTB untuk mengajukan permohonan tersebut.

Irfan mengatakan, pengajuan permohonan untuk direhabilitasi itu sekaligus untuk mengajukan permohonan penangguhan penahanannya.

"Jadi kita ajukan juga besok Senin (5/9) bersamaan dengan penangguhan penahanannya," ujar Irfan.

Kembali dijelaskan bahwa dasar kedua kliennya itu mengajukan rehabilitasi, karena berat barang bukti narkoba jenis sabu-sabu yang ditemukan pihak kepolisian saat penggerebekan Minggu (28/8) malam itu kurang dari satu gram.

"Barang bukti berupa dua paket narkoba yang ditemukan polisi kan rata-rata di bawah satu gram, itu sudah sesuai dengan hasil uji laboratorium BPOM Mataram," ucapnya.

Untuk itu, Irfan menilai bahwa kedua kliennya berhak untuk mengajukan permohonan rehabilitasi, sesuai dengan aturan perundang-undangannya yang membahas persoalan ini.

"Kalau syarat dan ketentuannya sudah terpenuhi, aparat wajib menjalankan aturannya, itu sudah disebutkan dalam ketentuan Pasal 127 Ayat 3 Undang-Undang RI Nomor 35/2009," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.