Bergoyang Dangdut di Konser "Simfoni untuk Bangsa"

Kompas.com - 04/09/2016, 17:00 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Banyak orang menganggap konser musik orkestra identik dengan lagu-lagu seriosa yang dibawakan secara kaku oleh seorang pria perlente bersuara berat nan menggelegar atau seorang wanita bergaun mewah dengan olah vokal melengking tinggi.

Namun, salah kaprah macam itu bisa segera berubah, apalagi setelah menonton langsung pergelaran konser "Simfoni untuk Bangsa 2016" yang dipimpin konduktor muda berkaliber dunia, Avip Priatna, Sabtu (27/8) malam.

Avip yang telah lama berkiprah dan berprestasi di kancah musik orkestra dalam dan luar negeri itu tampak tak ragu-ragu menghadirkan kejutan bagi para penonton yang datang ke gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pada malam Minggu.

Sebuah kejutan berbentuk paduan ciamik antara musik orkestra, paduan suara, dan musik dangdut.

Bagi sebagian kalangan, termasuk juga diakui Avip sendiri, perpaduan seperti itu terbilang "tak lazim".

Namun, lantaran digarap dengan serius, persembahan Avip tadi justru mengundang tepuk tangan membahana para pengunjung konser.

Setidaknya ada dua lagu dangdut dibawakan Avip bersama Jakarta Concert Orchestra (JCO). Kedua lagu itu antara lain "Begadang" dan "Andeca Andeci".

Lagu pertama dikenal sebagai karya monumental sang "Raja Dangdut" Rhoma Irama yang juga menjadi lagu tema (theme song) film berjudul sama, Begadang (1978), karya sutradara Maman Firmansyah.

Sementara itu, lagu dangdut kedua yang dibawakan berjudul "Andeca Andeci" dikenal sebelumnya sebagai lagu tema film komedi Mana Tahan (1979) yang disutradarai Nawi Ismail dengan bintang utama kelompok lawak Warung Kopi Dono, Kasino, dan Indro (Warkop DKI).

Perlu keberanian
Seusai pertunjukan, Avip menyatakan perlu banyak keberanian untuk bisa "bereksperimen" memadukan lagu bergenre dangdut dan musik orkestra seperti itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.