Duet Riri Riza-Mira Lesmana untuk "Maestro Indonesia"

Kompas.com - 12/09/2016, 19:22 WIB
|
EditorIrfan Maullana

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -- Produser film Mira Lesmana kembali duet dengan sutradara Riri Riza untuk proyek penggarapan film dokumenter berjudul Maestro Indonesia yang mengangkat sejarah tokoh-tokoh bangsa yang inspiratif.

Mira mengatakan, Maestro yang melibatkan aktor Nicholas Saputra sebagai narator, akan menjadi serial dokumenter yang ditayangkan di YouTube.

Pada seri pertama, film ini mengangkat sejarah tokoh Soejoedi Wiryoatmadja dan Chairil Anwar. Dua orang tersebut merupakan tokoh legendaris di bidang arsitek dan kesusastraan.

"Tokoh-tokoh ini adalah yang memberikan kebanggaan terhadap Indonesia, bahwa sudah sejak tahun 50-an dan 60-an kita punya tokoh yang kreatif dan inspiratif," kata Mira di sela pemutaran perdana film Maestro di Piknik Sinema Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan, Sabtu (10/9/2016).

"Keunikan dari film ini adalah penonton tidak akan melihat film dokumenter yang hanya menampilkan gambar atau foto sejarah namun film ini benar-benar kami kemas dengan audio-visual yang menggugah minat anak muda agar mau menonton," sambungnya menambahkan.

Proses kreatif pembuatan film ini memakan waktu sekitar dua tahun karena harus melalui proses kurasi dan mendesain konsep.

"Kami manfaatkan semaksimal mungkin. Dalam hal ini yang paling bisa kita rasakan, film bisa mendekatkan pemirsanya dengan sang tokoh," ujar Riri.

Riri menambahkan, pemilihan Nicholas sebagai narator juga didasari alasan yang kuat.

"Nicholas Saputra di film ini tidak banyak tahu tentang tokoh-tokoh itu sehingga ini menjadi tantangan juga bagi dia. Tapi dia itu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang banyak hal dan dia memang pintar," ujar Riri.

Film yang memiliki durasi masing-masing 15 menit ini selain ditayangkan di Piknik Sinema Bintaro Jaya Xchange Mall, juga dapat diunduh di Youtube pada 19 September mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.