Joko Anwar Punya Alasan Jadikan Lukisan Karya Raden Saleh Film Pendek

Kompas.com - 13/09/2016, 16:55 WIB
Joko Anwar memutar film pendeknya, Jenny, untuk aplikasi Tribe di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2016). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGJoko Anwar memutar film pendeknya, Jenny, untuk aplikasi Tribe di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2016).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Joko Anwar (40) menjadikan lukisan dari abad ke-19 yang berjudul Wounded Lion atau Singa yang Terluka sumber inspirasinya untuk membuat film pendek barunya.

Joko mengatakan bahwa ia memilih lukisan yang dibuat pada 1839 itu karena ia menyukai karya-karya Raden Saleh.

"Aku memilih Raden Saleh karena aku memang sudah sangat nge-fan dengan karya-karya Raden Saleh," kata Joko kepada Kompas.com di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2016).

Selain itu, pria berkacamata ini juga menganggap bahwa Wounded Lion merupakan salah satu karya Raden Saleh yang paling mencuri perhatian.

"Aku memilih karyanya yang menurut aku paling striking, Wounded Lion," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa produksi film pendek yang terinspirasi lukisan itu merupakan proyek dari National Gallery Singapore dengan tema Art Through Our Eyes.

"Karena, mereka yang punya koleksinya," jelasnya.

"Mereka memilih lima sutradara dari Asia untuk menerjemahkan atau membuat adaptasi film dari koleksi mereka," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, keempat sutradara itu adalah Apichatpong Weerasethakul (Thailand), Brillane Mendoza (Filipina), Eric Khoo (Singapura), dan Ho Yuhang (Malaysia).

Para sutradara tersebut membuat film-film pendek dari lukisan-lukisan berjudul Merapi, Eruption by Day and Merapi, Eruption by Night (1865) karya Raden Saleh; Marketplace During the Occupation (1942) karya Fernando Cueto Amorsolo; Portable Cinema (1977) karya Chua Mia Tee; dan Aku (1958) karya Latiff Mohidin.

Film-film pendek itu dijadwalkan akan diputar perdana dalam sebuah festival film internasional pada 2016.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X