Adele dan "25" Mencetak Sejarah di Amerika

Kompas.com - 28/09/2016, 15:38 WIB
Adele menyanyi dalam konsernya di Staples Center, Los Angeles, California, pada 5 Agustus 2016. KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFPAdele menyanyi dalam konsernya di Staples Center, Los Angeles, California, pada 5 Agustus 2016.
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Penyanyi Inggris Adele melaju tak tertahankan. Album terakhirnya, 25, terjual hingga 10 juta kopi di Amerika Serikat saja.

Dengan prestasi itu, Recording Industry Association of America (RIAA) memberinya sertifikasi Diamond, seperti dilansir Forbes, Selasa 927/9/2016).

Hebatnya, Adele merebut prestasi itu kurang dari satu tahun. Album 25 dirilis pada November 2015 dan sejak itu langsung merajai penjualan album di industri musik.

Sertifikat Diamond sebenarnya sudah diprediksi sejak album itu dirilis tahun lalu. Album itu mematahkan semua rekor dalam industri musik.

Begitu dirilis album 25 langsung menduduki puncak tangga Billboard 200 dan terjual hingga 3,38 juta pada minggu pertama.

Album 25 menumbangkan rekor No Strings Attached milik NSync terjual sebanyak 2.415.859 ketika dirilis pada tahun 2000.

Selain tentang sertifikasi Diamond, RIAA juga merilis sertifikasi lain yang didapat Adele. Album sebelumnya, 21, terjual sebanyak 14 juta di AS. Sedangkan album perdananya, 19, meraih triple platinum.

Sementara itu sejumlah single Adele juga mendapat sejumlah penghargaan. Single pertama dalam 25, "Hello", sudah mendapat tujuh platinum. Lagu berikutnya, "When We Were Young" juga mendapat platinum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.