Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ario Anindito: Komikus Indonesia Harus Belajar Disiplin dan Profesional

Kompas.com - 02/10/2016, 21:08 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ario Anindito menilai kualitas komikus Indonesia tidak kalah mumpuni dengan komikus mancanegara.

Menurut Ario, komikus Indonesia hanya perlu belajar soal kedisiplinan dan profesionalisme jika mendapatkan tawaran dari penerbit terkemuka.

"Yang dibutuhkan itu disiplin dan profesionalisme. Sedangkan itu yang dibutuhkan oleh raksasa publisher di luar negeri," ujar Ario pada Indonesia Comic Con, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Menurut dia, Indonesia kaya akan referensi dalam membuat cerita komik. Itu, kata dia, mempunyai prospek yang begitu bagus dari segi bisnis.

"Komik-komik Indonesia itu tinggi dijual. Enggak masalah Indonesia tertinggal dari negera lain. Kita punya referensi banyak seperti soal budaya. Kalau saya bilang kans Indonesia besar," ujar dia.

"Jadi, kalau kedua itu (disiplin dan profesional) bisa dipegang. Tinggal kualitas etos kerja yang perlu diperhatikan. Karena kayak Marvel itu sudah banyak melirik negara Asia, seperti Indonesia," ujarnya.

Sebagai informasi, Ario pernah terlibat dalam pembuatan komik Red Hood and The Outlaws terbitan DC Comics, juga komik Wolverine terbitan Marvel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com