Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Athirah" Sabet 6 Piala Citra di Festival Film Indonesia 2016

Kompas.com - 07/11/2016, 12:15 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Athirah meraih prestasi gemilang di Festival Film Indonesia (FFI) 2016, yang digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2016).

Film produksi Miles Films ini meraih enam Piala Citra, di antaranya untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Ditemui usai menerima penghargaan, produser Mira Lesmana, menyatakan bahwa penghargaan tersebut sangat spesial.

"Yang pasti selalu senang dapat penghargaan tapi tentunya menjadi sangat spesial karena Miles sudah lama tidak ikut serta FFI baru ikut kembali di 2014," ujar Mira.

"Saya bangga bisa berada di antara teman-teman film lain yang semuanya punya semangat untuk menggairahkan film Indonesia," lanjutnya.

Mira mengatakan, Piala Citra ini merupakan penghargaan pertama bagi duet Mira Lesmana-Riri Riza setelah bertahun-tahun. Miles Films pernah mengembalikan Piala Citra untuk film Gie.

"Karena yang dulu ada di Sinematek untuk film Gie. Waktu itu kita mengembalikan Piala Citra untuk mengingatkan pemerintah agar serius membenahi perfilman Indonesia," katanya.

Sebelumnya Mira dan tim memang selalu optimis dalam membuat film-film produksinya. Tak pernah ada beban dalam tim terkait jumlah penonton atau jumlah apresisasi yang diterima.

"Saya selalu bilang ke teman-teman jangan ada beban ketika membuat film. Kita harus percaya dengan ide dan pentingnya film itu dibuat. Jangan ada beban takut enggak ada yang nonton, takut enggak dapat penghargaan. Kita harus percaya dengan idenya. Kalau itu sudah dijalani kemudian semua akan datang dengan sendiri," tuturnya.

Dalam Festival Film Indonesia 2016, Athirah berhasil meraih 6 penghargaan diantaranya, Pengarah Artistik Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik dan Film Terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com