Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadine Chandrawinata Menangis di Papua

Kompas.com - 17/11/2016, 20:57 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nadine Chandrawinata (32) menangis ketika melihat kondisi alam Papua dirusak akibat penebangan hutan secara ilegal.

Ketika itu, Nadine sedang menjelajahi hutan di sebuah kawasan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, beberapa waktu lalu.

"Saya ke Wamena, saya melihat penebangan pohon yang begitu ekstrem. Biasanya kalau kalau ada penebang pohon di situ ada motor. Saya dilarang masuk dan saya juga enggak berani menerobos. Saya takut," ujar Nadine di Senayan City Mall, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/11/2016).

"Ada beberapa hektar hutan yang dibakar. Di situ saya menangis ibarat seperti tangan kita dipotong," lanjutnya.

Nadine sendiri aktif dalam berbagai kegiatan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Kala itu ia bagaimana kehidupan satwa liar akibat penebangan hutan secara ilegal.

"Pohon kan rumahnya satwa. Kalau enggak ada buah-buahan, satwa enggak bisa makan. Minimal pohon rumahnya serangga, itu makanan lain untuk satwa. Kalau rumahnya aja hilang gimana mau bertahan?" ucapnya.

Nadine menyadari ia tidak bisa berbuat banyak untuk membantu menekan praktik penebangan hutan secara ilegal.

Ia hanya bisa meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk membuat regulasi dan pengusutan terkait hal tersebut.

"Saya enggak bisa jalan sendiri. Saya minta pengusutan dari pemerintah daerah setempat. Saya berharap setiap orang bisa ramah lingkungan. Saya ingin Indonesia bisa dicontoh (negara lain) karena lingkungannya. Karena Indonesia banyak keanekaragamannya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com