Cerita Hanung Bramantyo Terjebak di Kerumunan Demonstran di AS

Kompas.com - 18/11/2016, 11:29 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramantyo menceritakan pengalamannya terjebak di tengah kerumunan demonstran ketika berada di Los Angeles, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

"Pada saat itu saya kebetulan mau shalat Jumat, tapi di depan masjid dihadang demonstran bawa spanduk," ujar Hanung seusai menghadiri jumpa pers Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) di Auditorium SAE Institute, Pejaten Raya, Jakarta Selatan, Kamis (17/11/2016).

Hanung mengatakan bahwa dia saat itu merasa panik. Ia berpikir para demonstran akan menyuarakan penentangan terhadap agama Islam.

"Aduh, mati aku enggak bisa shalat Jumat nih. Tapi, saya enggak pakai atribut muslim. Biasanya kan saya pakai peci. Saya pura-pura jadi orang Asia. Muka saya kan Asia banget kayak Filipina, Thailand, China gitu. Saya pura-pura jadi turis aja," ucapnya.

Namun kekhawatiran suami dari artis peran Zaskia Adya Mecca pun akhirnya sirna setelah melihat sebuah spanduk dan plang yang bernada tidak menyudutkan Islam.

"Saya lihat plang-nya itu tulisannya 'Christian Supporting Muslims'. Saya lihat, wah oke nih, terus saya tanya (seseorang) ngapain di sini? Ya, katanya 'Kami support muslim'," ujarnya.

"Saya kenalan bilang orang Indonesia, muslim. 'Wah Indonesia?' Mereka senang. Makanya saya diizinkan selfie bareng karena mereka, welcome banget," ujar Hanung, yang mengunggah swafoto di akun Instagram-nya tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.