Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Hanung Bramantyo Terjebak di Kerumunan Demonstran di AS

Kompas.com - 18/11/2016, 11:29 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramantyo menceritakan pengalamannya terjebak di tengah kerumunan demonstran ketika berada di Los Angeles, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

"Pada saat itu saya kebetulan mau shalat Jumat, tapi di depan masjid dihadang demonstran bawa spanduk," ujar Hanung seusai menghadiri jumpa pers Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) di Auditorium SAE Institute, Pejaten Raya, Jakarta Selatan, Kamis (17/11/2016).

Hanung mengatakan bahwa dia saat itu merasa panik. Ia berpikir para demonstran akan menyuarakan penentangan terhadap agama Islam.

"Aduh, mati aku enggak bisa shalat Jumat nih. Tapi, saya enggak pakai atribut muslim. Biasanya kan saya pakai peci. Saya pura-pura jadi orang Asia. Muka saya kan Asia banget kayak Filipina, Thailand, China gitu. Saya pura-pura jadi turis aja," ucapnya.

Namun kekhawatiran suami dari artis peran Zaskia Adya Mecca pun akhirnya sirna setelah melihat sebuah spanduk dan plang yang bernada tidak menyudutkan Islam.

"Saya lihat plang-nya itu tulisannya 'Christian Supporting Muslims'. Saya lihat, wah oke nih, terus saya tanya (seseorang) ngapain di sini? Ya, katanya 'Kami support muslim'," ujarnya.

"Saya kenalan bilang orang Indonesia, muslim. 'Wah Indonesia?' Mereka senang. Makanya saya diizinkan selfie bareng karena mereka, welcome banget," ujar Hanung, yang mengunggah swafoto di akun Instagram-nya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com